Mungkin Nggak Memakai Google Maps Tanpa Internet?

Mungkin Nggak Memakai Google Maps Tanpa Internet?
Memakai Google Maps tanpa internet, bisa dengan fitur Google Maps Offline. (Flickr/Stock Catalog)

Nggak perlu repot menanyakan alamat ke orang di pinggir jalan, kita bisa memakai Google Maps untuk mencari lokasi dengan mudah. Tapu, bisakah memakai Google Maps tanpa internet?

Inibaru.id – Menanyakan alamat kini nggak lagi repot berkat adanya teknologi Google Maps. Cukup dengan memakai gawai, kamu sudah bisa mencari lokasi tujuan kamu. Tapi, mungkin nggak memakai Google Maps tanpa internet?

Meski penggunaannya baru benar-benar masif dalam beberapa tahun belakangan, sebenarnya Google Maps sudah ada sejak 8 Februari 2005. Hanya, saat kali pertama dirilis, tentu layanan dan fiturnya nggak selengkap sekarang.

Ide awal dari Google Maps ini muncul dari Lars dan Jens Eilstrup Rasmussen, kakak beradik dari Denmark pada 2004. Saat itu, mereka menyarankan Google untuk membuat peta daring yang bisa dipakai untuk mencari lokasi secara mendetail. Google tertarik dan membeli perusahaan keduanya bernama Where 2 Technologies.

Menariknya, kalau soal peta, sebenarnya Yahoo malah lebih dahulu memilikinya sejak 2002. Sayangnya, kelengkapan peta digital yang ditawarkan Google membuatnya jauh lebih cepat dikenal warganet dibandingkan dengan peta Yahoo.

Inovasi brilian Google yang menambahkan arah mengemudi, keberadaan layanan transportasi umum, hingga sekarang berupa streetview membuat Google Maps seakan-akan bisa jadi tempat jalan-jalan virtual. Kini, Google seperti jadi andalan bagi siapa saja untuk mencari alamat dengan mudah dan cepat, asalkan ada internet tentunya.

Fitur Google Maps Offline bisa dipakai meski sinyal atau internet hilang. (Flickr/Stock Catalog)
Fitur Google Maps Offline bisa dipakai meski sinyal atau internet hilang. (Flickr/Stock Catalog)

Ada Google Maps Offline

Nah, keberadaan internet yang sangat penting ini sempat membuat banyak orang mengeluh. Maklum, di banyak tempat, khususnya di Indonesia, terkadang ada area di mana sinyal susah. Boro-boro dapet internet, bisa jadi sinyal ponsel benar-benar hilang. Kalau sudah begini, tentu bakal nggak bisa mengakses Google Maps, kan? Bisa-bisa hal ini membuatmu nyasar, deh.

Untungnya, Google tanggap dengan hal ini dan merilis Google Maps Offline sebagai solusi akan hal tersebut. Dengan fitur ini, kamu tetap bisa mengakses Google Maps meski nggak ada sinyal atau layanan internet.

Berikut adalah sejumlah tahapan untuk menggunakan Google Maps Offline yang bisa kamu perhatikan.

·         Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi Google Maps yang ada di ponsel kamu.

·         Cari lokasi tujuan kamu. Kamu bisa menuliskan alamatnya atau menentukan sebuah titik di peta.

·         Kalau sudah memastikan tujuannya tepat, tinggal klik “Petunjuk Arah”. Kamu bisa menemukannya di bagian kiri bawah layar ponsel kamu.

·         Kamu tinggal memilih jenis transportasi yang ingin digunakan. Bisa berupa sepeda motor, mobil, transportasi umum, atau bahkan berjalan kaki.

·         Nah, kamu tinggal mengecek bilah putih pada bagian bawah. Setelahnya, klik “Simpan Offline”.

Pastikan memori internal ponsel kamu cukup untuk menyimpan peta offline ini, ya Millens. Jadi, saat tiba-tiba sinyal atau internet hilang, kamu tetap bisa membukanya.

Sudah jelas kan cara memakai Google Maps tanpa internet? Nggak ribet-ribet banget, kok. Selamat mencoba, ya? (Det,Med/IB09/E05)