Mulai Sekarang, Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri Yuk!

Mulai Sekarang, Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri Yuk!
Berhenti menyalahkan diri sendiri. (Cosmopolitan)

Melakukan kesalahan itu wajar asal kamu nggak larut dalam kesedihan dan berakhir pada menyalahkan diri sendiri. Yuk, move on dengan cara ini.

Inibaru.id – Setiap individu memiliki masa lalu dan pernah melakukan kesalahan. Namun, bukan berarti karena hal tersebut, hidupmu akan terpuruk. Karena saat terpuruk, seseorang cenderung akan menyalahkan diri sendiri.

Sikap menyalahkan diri sendiri ini mesti dihilangkan, Millens. Berikut tips yang bisa kamu lakukan agar bisa berhenti menyalahkan diri sendiri.

Termasuk Kekerasan Emosi

Self blame atau perilaku menyalahkan diri sendiri merupakan bentuk kekerasan emosi. Self blame diketahui banyak dialami para penderita Major Depressive Disorder (MDD). Orang yang menyalahkan diri sendiri nggak mampu keluar dalam bayang-bayang rasa bersalah dan akan terus menyalahkan diri sendiri.

Merangkul Ketidaksempurnaan dan Melepaskan Jeratan Self-Blame

Tentu ada rasa nggak nyaman saat hidupmu hanya terus-terusan menyalahkan diri sendiri. Untuk bisa lepas dari masalah tersebut, hal utama yang perlu kamu lakukan adalah dengan menyadari berbagai emosi yang muncul dalam dirimu, baik emosi positif maupun negatif.

Emosi positif maupun negatif sebenarnya selalu kamu rasakan saat mengalami sebuah kejadian atau peristiwa. Namun, yang sulit untuk dilakukan adalah untuk mengakui emosi negatif tersebut. Seseorang menjadi takut untuk menyadari emosi negatif karena sudah menganggapnya sebagai suatu hal yang buruk. Padahal, selama kamu menjalaninya dengan positif, semua akan baik-baik saja.

Atur Prioritasmu

Daripada mempermasalahkan hal kecil yang membuatmu terus menyesali sesuatu, ada baiknya mulai sekarang kamu menata hal lain untuk masa depanmu. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus untuk mengerjakan hal-hal penting dalam hidupmu daripada sekadar tenggelam pada kesalahan masa lampau.

Mulai Proaktif untuk Diri Sendiri

Mulai sekarang, cobalah untuk mengurangi mengungkapkan suasana hatimu kepada orang lain. Cobalah untuk memegang kendali untuk diri sendiri. Berhentilah untuk menempatkan dirimu menjadi korban, sebab hal inilah yang membuatmu menjadi lebih mudah tersinggung, mudah marah, sering menyalahkan orang lain, dan lebih suka mengeluh.

Menjadi pribadi yang selalu positif memang nggak mudah, namun hal itu makin susah bila kamu nggak mulai membiasakannya. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah sadarkan dirimu bahwa setiap manusia memiliki kekurangan, begitu pula dengan dirimu. Setelah itu, mulailah untuk memperbaiki masalah secara perlahan dan jangan memaksakan dirimu untuk cepat berubah. Biasakan dirimu untuk menjadi proaktif dan belajar melihat dunia luar dengan berbagai pandangan.

Satu yang membedakan manusia satu dengan yang lainnya adalah kesiapan diri untuk menerima segala kekurangan-kekurangan yang ada. Sudah saatnya kamu berhenti menjadi "sempurna" karena sejatinya nggak ada manusia yang sempurna. Jadi, bila kamu melakukan kesalahan, berhentilah untuk menyalahkan diri sendiri dan cobalah untuk memperbaikinya ya, Millens. (IB24/E04)