Usai Musim 2019/2020, Liga Prancis Ditiadakan

Usai Musim 2019/2020, Liga Prancis Ditiadakan
Pemain PSG saat bermain di Liga Prancis. (REUTERS/ Gonzalo Fuentes)

Ligue de Football Professionel (LFP) memutuskan untuk meniadakan kompetisi Liga Prancis mulai tahun depan. Peniadaan kompetisi dianggap bisa memberi waktu lebih untuk pemain agar lekas pulih.

Inibaru.id – Ligue de Football Professionel (LFP) mengambil kebijakan untuk mengakhiri pergelaran Ligue 1 Prancis. Peniadaan ini dimulai musim depan 2019-2020.

Liga Sepak Bola Prancis yang diadakan sejak 1994 dihentikan dengan alasan agar para pemain memiliki waktu rehat lebih lama.

"Keputusan ini membuat kami bisa mengurangi jadwal musim kompetisi sehingga memberi waktu lebih bagi pemain untuk pulih," ungkap LFP seperti ditulis laman Antaranews, Kamis (19/9/2019).

Selain alasan itu, pihak LFP memang belum dapat pembeli hak siaran musim depan. Masa kontrak dengan stasiun televisi Canal+ dan France Television habis untuk musim ini. Untuk satu musim, televisi yang menayangkan liga ini perlu membayar sebesar 24 juta euro.

Keengganan pihak televisi untuk membeli hak siar diduga banyak orang mengisyaratkan rendahnya minat masyarakat terhadap liga tersebut.

Penghentian ini juga berimbas pada perubahan sistem wakil di Liga Europa. Dulu, juara Ligue 1 berkesempatan mewakili Prancis pada Liga Europa. Dengan adanya keputusan ini, tim yang mewakili Prancis di Liga Europa didasarkan pada klasemen akhir Ligue 1.

Kendati demikian, bukan tidak mungkin kompetisi ini digelar kembali. Opsi tersebut terbuka kok, Millens. Hayo, siapa nih yang suka nonton Ligue 1? (MG28/E04)