Mulai Hari Ini Tiket Pesawat Dijual Lebih Murah, Rute Mana Saja?

Mulai Hari Ini Tiket Pesawat Dijual Lebih Murah, Rute Mana Saja?
Ilustrasi - Harga tiket pesawat turun dan lebih murah. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Mulai 23 Oktober 2020 hingga 31 Desember 2020, pemerintah memberikan stimulus bagi dunia penerbangan. Dampaknya, harga tiket pesawat bakal lebih murah. Di mana saja kamu bisa mendapatkannya?

Inibaru.id – Keputusan pemerintah untuk mengeluarkan stimulus bagi dunia penerbangan sebesar Rp 215 miliar memberikan kabar positif bagi industri transportasi udara Tanah Air. Dari dana tersebut, Rp 175 miliar akan dialokasikan ke pembebasan tarif pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2PU). Dampaknya, harga tiket pesawat akan jadi lebih murah!

Stimulus ini akan berlaku hari ini, Jumat (23/10/2020) sampai 31 Desember 2020. Hal ini berarti, kamu bisa mencari tiket-tiket pesawat berharga murah ke sejumlah rute tujuan yang kamu inginkan.

Tapi, kalau kamu ingin bepergian saat cuti bersama pekan depan, belum tentu bisa mendapatkan tiket murah. Pasalnya, hal ini hanya akan berlaku di 13 bandara. Selain itu, belum ada kejelasan seberapa banyak potongan harga tiket yang bisa kamu nikmati.

Ilustrasi - Tiket pesawat murah mulai bisa didapatkan Jumat (23/10/2020). (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Ilustrasi - Tiket pesawat murah mulai bisa didapatkan Jumat (23/10/2020). (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

“Jadi begini, misalnya, Rp 100 ribu PJP2PU harus dibayar penumpang di tiketnya berubah jadi Rp 0. Kalau awalnya tiket Jakarta-Surabaya Rp 700 ribu, maka akan dipotong Rp 100 ribu,” jelas Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto pada Kamis (22/10).

Besaran PJP2PU yang mendapatkan potongan di setiap bandara ternyata berbeda-beda. Jadi, kita belum benar-benar tahu seberapa murah tiket yang bisa didapatkan.

Meski begitu, ada satu hal yang pasti, yakni daftar 13 bandara yang menerapkan potongan PJP2PU tersebut. Bandara-bandara tersebut adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Bandara Internasional Kualanamu Medan, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bandara Internasional Yogyakarta Kulonprogo, Bandara Internasional Halim Perdanakusumah, serta Bandara Internasional Lombok Praya.

Total 13 bandara menerapkan harga tiket pesawat murah. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Total 13 bandara menerapkan harga tiket pesawat murah. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Bandara lain yang menerapkannya adalah Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang, Bandara Internasional Labuan Bajo, Bandara Internasional Adisucipto DIY, Bandara Internasional Banyuwangi, bandara Internasional Sam Ratulangi di Manado, serta Bandara Internasional Silangit.

Selama ini, sektor pariwisata dan dunia penerbangan memang terdampak parah pandemi Covid-19 yang masih sulit dikendalikan di Indonesia. Tapi kalau menurutmu, apakah kamu akan tetap mencari tiket murah untuk bepergian ke berbagai wilayah di Indonesia ini di masa pandemi, Millens? (Det/IB09/E05)