Mulai Hari Ini, Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 mulai dibuka hari ini, Senin (10/6/2019). Bagi kamu yang ingin mendaftar kuliah di Perguruan Tinggi Negeri bisa mulai mendaftar SBMPTN.

Mulai Hari Ini, Pendaftaran SBMPTN 2019 Dibuka
Pendaftaran SBMPTN 2019 dibuka. (Koran-jakarta)

Inibaru.id – Hari ini, Senin (10/6/2019) pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 resmi dibuka. Pendaftaran ini dibuka secara daring dan lebih spesialnya pendaftar nggak dipungut biaya sepeser pun.

Laman Tempo, Senin (10/6) menulis, Ketua Panitia Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto memastikan SBMPTN bebas biaya pendaftaran. Sebagai informasi, sebelumnya peserta SBMPTN yang mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) harus membayar uang pendaftaran sebanyak Rp 200 ribu. Namun, kali ini, pendaftar bebas mendaftar dan memilih perguruan tinggi negeri yang disukai tanpa memikirkan biaya pendaftaran.

Proses pendaftaran akan dimulai hari ini, Senin (10/6) pukul 13.00 di situs http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Tahapan pendaftaran berupa mengisi biodata pendaftar, pemilihan perguruan tinggi negeri (PTN) yang dituju, dan memilih program studi pilihan. Bagi peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN, mereka nggak perlu kembali melakukan pengisian biodata.

Tahun ini, para peserta hanya diperbolehkan memilih maksimal dua PTN dan dua program studi. Program studi ini bisa dipilih dari satu PTN atau dua PTN. Program studi yang bisa dipilih juga dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok Sains dan Teknologi atau (Saintek) dan kelompok Sosial Humaniora (Soshum).

Proses pemilihan program studi mesti disesuaikan dengan prioritas pilihan sehingga harus benar-benar diperhatikan para peserta.

Beberapa jenis program studi seperti di bidang olahraga atau seni biasanya meminta beberapa jenis dokumen tambahan dari para peserta. Sebagai contoh, peserta bisa mengunggah portofolionya demi memperlancar proses pendaftaran. Beberapa program studi yang membutuhkan tambahan dokumen adalah olahraga, seni rupa, tari, desain, musik, fotografi, dan lain-lain.

Jika peserta ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai hal ini, bisa membuka laman htttp://halo.ltmpt.ac.id atau di nomor telepon 0804 1 450 450.

Teliti dulu berkasmu sebelum melakukan proses pendaftaran, ya Millens. Selamat berjuang! (IB09/E04)