Mulai 30 Agustus, 'Swipe Up' di Instagram Bakal Pensiun, Apa Gantinya?

Mulai 30 Agustus, 'Swipe Up' di Instagram Bakal Pensiun, Apa Gantinya?
Ilustrasi: Fitur Swipe Up Instagram bakal dipensiunkan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Sering dipakai untuk mengarahkan pengguna Instagram ke laman situs, kini fitur Swipe Up bakal dipensiunkan. Hm, kira-kira, bakal digantikan dengan apa, ya?

Inibaru.id – Kalau kamu menggunakan media sosial Instagram, pasti akrab dengan istilah “Swipe Up”, Millens. Yap, istilah ini digunakan untuk membuat orang yang membaca Instagram stories mengarah langsung ke sebuah situs.

Tujuannya ya untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak terkait dengan hal-hal yang sedang dipromosikan.

Sayangnya, meski banyak dipakai pengguna Instagram dan istilahnya lumayan populer, ternyata Instagram justru berencana bakal menghapusnya, lo. Jadi gini, Millens, mulai 30 Agustus 2021 nanti, fitur “Swipe Up” ini bakal resmi dipensiunkan.

Meski pensiun, bukan berarti nggak ada gantinya ya. Ternyata, Instagram ingin membuat fitur Swipe Up digantikan dengan stiker yang bisa memuat tautan. Jadi, tampilannya pun jadi lebih menarik, deh.

Stikernya pun nggak asing kok, karena kamu sudah terbiasa melihatnya di Stories. Nantinya, alih-alih menggerakkan jari untuk “Swipe Up”, nantinya orang yang melihat Instagram Stories tinggal mengetuk stiker tersebut untuk masuk ke laman kreator.

Yang kali pertama mengungkap pensiunnya “Swipe Up” adalah peneliti aplikasi Manchun Wong. Setelah itu, Youtuber Sam Sheffer juga memberikan pengumuman yang sama. Di akun-akun Instagram kreator, juga muncul pemberitahuan soal hal ini. Sayangnya, kalau menurut Manchun, dia belum mendapatkan informasi terkait stiker tautan seperti apa yang nantinya bakal menggantikan “Swipe Up”.

Nantinya, Swipe Up bakal digantikan stiker yang bisa dimuat tautan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Nantinya, Swipe Up bakal digantikan stiker yang bisa dimuat tautan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Sudah Diuji Coba Sejak Juni 2021

Yang menarik, isu penggantian fitur “Swipe Up” ini ternyata sudah lama dibahas situs-situs teknologi. Contohnya, The Verge pada Selasa (24/8/2021) sudah melakukan uji coba fitur stiker yang bakal menggantikan fitur ini sejak Juni 2021.

Kalau menurut laman ini, ada kelebihan yang ditawarkan dari fitur stiker jika dibandingkan dengan “Swipe Up”. Contohnya, pemilik akun Instagram kini bisa memilih ukuran atau bentuk stiker sekalius menempatkannya di sisi manapun Stories yang mereka buat. Tujuannya tentu saja buat meningkatkan engagement kontennya.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan pilihan “Swipe Up” yang terkesan monoton saja, walau sebenarnya pengguna Instagram sudah sangat terbiasa dengan hal itu.

Menariknya, Instagram menyebut fitur stiker tautan ini nggak bakal hanya diperuntukkan bagi kreator atau pemilik Instagram bisnis, melainkan bisa dipakai semua penggunanya.

Kalau kamu, apakah tertarik dengan fitur baru ini atau menyayangkan dengan pensiunnya “Swipe Up” dari Instagram, Millens? (Kom/IB09/E05)