Mudik Telah Usai, Yuk Bersihkan Mobil biar Kembali Nyaman

Mudik Telah Usai, Yuk Bersihkan Mobil biar Kembali Nyaman
Jangan lupa untuk membersihkan mobil sehabis mudik ya. (triphoto via Tribun)

Mudik telah berlalu, kini saatnya kamu memberi perhatian pada mobilmu dengan membersihkannya, Ada lima cara sederhana yang bisa kamu lakukan biar kendaraan kesayanganmu ini kembali bersih dan kece.

Inibaru.id - Perawatan perlu dilakukan terhadap mobil yang baru digunakan untuk menempuh perjalanan jauh seperti mudik Lebaran. Nggak hanya komponen mekanikal yang perlu diperiksa, mobil juga harus dibersihkan atau dicuci.

Kamu perlu tahu, kondisi cuaca yang nggak menentu sepanjang perjalanan berpotensi bikin bodi mobil kotor, baik lantaran debu maupun cipratan air hujan. Bagian lain yang perlu kamu perhatikan adalah kabin mobil. Bisa saja bagian ini kotor karena sisa-sisa makanan, minuman, dan kemungkinan masuknya kotoran yang terbawa oleh alas kaki.

Berikut ini tips membuat mobil kembali bersih dan nyaman setelah dipakai mudik lebaran:

1. Persiapan Sebelum Mencuci Mobil

Siapkan alat dan bahan yang diperlukan seperti air bertekanan, kain plas chamois, kain mikrofiber, sampo khusus mobil, ember, cairan pembersih, serta bahan perawatan mobil. Kamu harus memastikan seluruh alat yang digunakan dalam kondisi baik sehingga nggak merusak permukaan cat mobil atau panel interior.

Waktu terbaik untuk mencuci mobil adalah saat pagi atau sore hari. Hal ini untuk menghindarkan mobil dari sinar matahari langsung. Cuaca juga sebaiknya nggak terlalu dingin. O ya, jangan lupa untuk mengeluarkan semua barang pribadi dari dalam mobil sebelum melakukannya.

2. Mencuci Bodi Mobil

Bersihkan bodi mobil dengan saksama. (via Media Indonesia)
Bersihkan bodi mobil dengan saksama. (via Media Indonesia)

Mulailah dengan menyemprotkan air bertekanan pada bagian kolong mobil dan ban untuk merontokkan kotoran yang menempel. Bagian ini harus bersih benar biar nggak ada karat yang timbul. Selanjutnya beralih ke bodi mobil yang dimulai dari bagian atap supaya kotoran dapat turun.

Proses selanjutnya, gunakan sampo mobil untuk membersihkan bodi mobil dan bilas untuk meluruhkan kotoran. Pakai kain mikrofiber untuk mengeringkan sisa air mencuci mobil. Biar nggak bikin waterspot, lap secara merata bodi mobil dan kacanya.

Pastikan kering sempurna, ya? Selain itu, pastikan bagian seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah grill dan foglamp, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil juga kering. Pasalnya, bagian-bagian ini berpotensi menyimpan air.

3. Membersihkan Ruang Mesin

Sebaiknya kamu nggak mencuci ruang mesin mobil dengan air bertekanan tinggi. Sebagai gantinya, pakai saja lap atau mikrofiber basah untuk mengangkat kotoran di ruang mesin.

4. Membersihkan Kabin Mobil

Sama seperti eksterior dan kompartemen mesin, kamu wajib hati-hati juga ketika membersihkan interior mobil. Terlebih dahulu, keluarkan seluruh karpet mobil dan cuci menggunakan sabun pembersih. Pastikan karpet mobil kering sempurna dengan menjemurnya di tempat yang terkena sinar matahari langsung sehingga nggak lembab dan bau.

Gunakan penyedot debu untuk membersihkan seluruh bagian dalam mobil. Nah, untuk bagian jok berlapis kulit sintetis cukup seka dengan air hangat atau interior cleaner dan kain chamois. Interior cleaner juga bisa kok kamu manfaatkan untuk membersihkan noda membandel.

Setelah itu, seka dengan kain mikrofiber. Bersihkan pula panel kabin mobil yang sering dipegang seperti setir, tuas transmisi, dan panel pintu untuk menghilangkan kotoran.

5. Pastikan Bagasi Mobil Bersih

Bagian yang paling sering diabaikan adalah bagasi mobil. Padahal, bagasi mobil sangat perpotensi menyimpan kotoran. Untuk membersihkannya, keluarkan karpet bagasi, cuci dengan sabun, serta pastikan kering supaya nggak lembab dan bau.

Pakai penyedot debu untuk membersihkan segala sudut dan celah bagasi hingga bersih. Perhatikan tempat penyimpanan ban serep untuk mencari kotoran yang menyelinap sekaligus membersihkan ban serep dan pelek.

Setelah semuanya bersih, mobil kembali nyaman digunakan untuk beraktivitas normal. Yuk, cek kondisi mobilmu mumpung liburan, Millens. (Det/IB21/E07)