Mudik Pakai Motor? Ini 5 Tips Membawa Barang Bawaan Supaya Aman

Mudik Pakai Motor? Ini 5 Tips Membawa Barang Bawaan Supaya Aman
Ilustrasi mudik dengan motor. (Detik)

Motor masih termasuk alat transportasi andalan yang digunakan untuk mudik Lebaran. Kalau kamu juga memilih mudik naik motor, perhatikan tips membawa barang bawaan mudikmu ini.

Inibaru.id – Sudah masuk pertengahan Ramadan nih, Millens. Para perantau tentu sudah menyusun rencana untuk mudik, kan? Saat mudik nanti, kamu tentu membawa banyak barang bawaan, baik perlengkapan pribadi maupun oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman.

Nah, hingga saat ini, kendaraan roda dua masih jadi andalan pemudik. Bila barang bawaan banyak sedangkan menggunakan motor, perlu ada trik tertentu biar barang tertata rapi dan aman selama perjalanan mudik. Berikut tips yang bisa digunakan untuk menata barang bawaan di motor.

Hindari Membawa Barang dengan Berat Berlebih

Berat barang yang berlebih dapat menghambat laju motor. (Federaloil)

Hal yang sangat perlu untuk dilakukan adalah menyesuaikan berat bawaan dengan kapasitas motor dan kekuatan diri. Berat barang yang berlebihan dapat memperlambat laju motor. Selain itu, tubuhmu juga akan menahan beban lebih yang bisa menyita lebih banyak tenaga.

Lebar Barang Bawaan Nggak Melebihi Setang

Hindari barang bawaan dengan lebar lebih dari setang motor. (Gooto)

Barang yang lebarnya melebihi setang motor dapat membuatmu nggak bisa melihat kaca spion. Kamu juga terhambat untuk menggerakkan setang ketika akan berbelok. Jadi, hindari membawa barang bawaan yang lebarnya melebihi spion ya.

Pastikan Barang Bawaan Nggak Menutupi Lampu Sein dan Lampu Rem

Pastikan barang bawaan nggak menutupi lampu sein dan lampu rem. (Akuratnews/Dhanny Krisnadhy)

Jika kamu meletakkan barang di bagian belakang jok, pastikan nggak menutupi lampu sein dan lampu rem. Hal tersebut dapat membahayakan keselamatan diri dan pengendara lain sebab pengendara lain akan terhalang melihat lampu sein dan lampu rem sebagai tanda darimu. Ini bisa memicu kecelakaan.

Ikat Kuat Barang Bawaan

Pastikan telah mengikat barang bawaan dengan kuat. (Republika/Aditya Pradana Putra)

Sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk mengikat barang bawaanmu dengan kuat. Ikat dengan tali yang nggak mudah putus. Dengan begitu perjalananmu akan aman dan nyaman tanpa khawatir membenarkan posisi barang bawaan.

Tinggi Barang Bawaan Nggak Lebih dari Punggung Pengemudi

Hindari barang bawaan dengan tinggi melebihi punggung. (Kabarin)

Selain tas jinjing, pemudik biasanya memanfaatkan tas punggung untuk mengemas barang bawaannya. Meski barang bawaan banyak, jangan sampai tingginya melebihi punggung, ya. Hal ini dapat berimbas pada kestabilan laju motor.

Selain memastikan barang bawaan terkemas dengan baik, kamu juga harus memperhatikan kondisi motor. Jangan lupa untuk menggunakan perlengkapan berkendara demi keamanan dan kenyamanan. Selamat mudik! (IB10/E04)