Mudik Pakai Kendaraan Umum? Ingat untuk Membawa 7 Barang Ini

Mudik Pakai Kendaraan Umum? Ingat untuk Membawa 7 Barang Ini
Ilustrasi mudik dengan kendaraan umum. (Shutterstock)

Mudik menggunakan kendaraan umum memerlukan persiapan khusus. Selain keadaan yang nggak bisa diprediksi, kamu juga akan membaur bersama banyak orang. Untuk itu, sejumlah barang harus dibawa agar perjalanan tetap terasa nyaman.

Inibaru.id – Mudik bisa menjadi perjalanan yang melelahkan sekaligus menyenangkan. Kamu akan memangkas jarak demi berkumpul bersama keluarga di rumah. Nggak jarang, perjalanan mudik membutuhkan waktu yang cukup lama terutama jika menggunakan kendaraan umum.

Bila mudik dengan kendaraan umum, kamu nggak bisa memprediksi kondisi alat transportasi yang kamu pakai. Kamu memang sudah jelas mau naik kereta api, bus, atau kapal, tapi kamu ngga bisa tahu keadaan penumpang lainnya yang juga turut menumpang armada yang sama. Selain itu, kamu mesti membaur bersama banyak orang yang punya watak berbeda-beda.

Agar perjalanan mudikmu tetap nyaman dan menyenangkan, barang-barang ini perlu kamu siapkan di tasmu nih.

Selimut Kecil atau Kain

 

Selimut atau kain dapat menghangatkanmu selama perjalanan. (Pinterest)

Mudik menggunakan kendaraan umum kadang nggak bisa diprediksi keadaannya. Bisa jadi kamu menumpang kendaraan dengan AC yang terlalu dingin, terutama saat perjalanan malam. Bawalah kain atau selimut kecil untuk membuatmu merasa nyaman selama perjalanan. Jangan sampai sakit karena suhu di dalam kendaraan, ya!

Masker

Masker dapat mencegah risiko tertular penyakit di tempat umum. (Shutterstock)

Kenakan masker selama perjalanan menggunakan kendaraan umum. Hal ini berguna untuk menghindari risiko tertular penyakit atau bakteri dari penumpang lain maupun kebersihan kendaraan. Selain itu, masker juga berguna untuk menutup mulut saat kamu tertidur. Ha-ha!

Bantal Leher

Bantal leher akan membuat tidurmu lebih nyaman. (Shutterstock)

Kamu tentu nggak mau mengalami sakit leher saat tiba di kampung halaman gara-gara posisi tidur yang nggak nyaman, kan? Nah, kalau gitu, bawalah bantal leher untuk membuat tidurmu lebih nyaman selama perjalanan mudik.

Powerbank

Powerbank dapat menjaga daya bateraimu. (Pickaboo)

Gawai menjadi barang penting untuk mengusir rasa bosan selama perjalanan. Karena itu, daya baterai gawaimu harus selalu terjaga. Untuk menghindari risiko baterai habis, kamu perlu membawa powerbank dengan daya yang cukup selama perjalanan.

Earphone atau Headset

Memakai earphone maupun headset dapat menghindarkanmu dari kebisingan. (Thegadgetflow)

Selain gawai, earphone atau headset juga penting kamu bawa untuk mendengarkan musik atau menonton video. Nggak mau kan suara dari gawaimu mengganggu penumpang lain? Kamu juga akan terhindar dari kebisingan dalam kendaraan dengan mendengarkan musik atau menonton video memakai earphone atau headset.

Kipas Kecil

 

Bawalah kipas kecil portable untuk menghindari risiko kegerahan. (Produktekno)

Meski kamu menumpang kendaraan umum yang dilengkapi AC, bukan nggak mungkin kondisi siang hari dan macet akan membuatmu merasa gerah. Kipas kecil portable dapat meredakanmu dari kegerahan. Jadi, perjalananmu tetap terasa nyaman dan nggak bikin badmood, deh.

Obat-obatan Pribadi

Bawalah obat-obatan pribadimu. (Pinterest)

Kondisi tubuh yang prima penting untuk mendukung lancarnya perjalananmu. Membawa obat-obatan pribadi sangat disarankan untuk mengantisipasi risiko sakit atau nggak enak badan selama perjalanan.

Setelah memastikan barang-barang pendukung perjalanan mudikmu terkemas dalam tas, kamu tentu akan lebih siap untuk melewati perjalanan menuju kampung halaman. Selamat mudik dengan nyaman! (IB10/E04)