Mudik Aman Naik Sepeda Motor

Mudik Aman Naik Sepeda Motor
Tips aman mudik naik sepeda motor. (Kismantoro.or.id)

Sepeda motor masih jadi primadona alat transportasi untuk mudik. Agar tetap aman, perhatikan berbagai hal ini sebelum mudik menggunakan sepeda motor.

Inibaru.id – Salah satu kendaraan pribadi yang paling banyak dipakai untuk mudik adalah sepeda motor. Nggak hanya membuat biaya perjalanan menjadi lebih murah, sepeda motor juga bisa membuat perjalananmu lebih cepat mengingat sepeda motor bisa dengan mudah meliuk-liuk di sela kendaraan lainnya saat lalu lintas sedang padat.

Viva.co.id, Selasa (29/5/2018), menulis  Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) Edo Rusyanto menyebut jumlah pengguna sepeda motor untuk mudik Lebaran cenderung meningkat. Di sisi lain, jumlah kecelakaan yang melibatkan sepeda motor saat mudik Lebaran juga cenderung semakin menurun. Pada 2016 jumlah kecelakaan pengendara motor mencapai 70,8 persen, sedangkan pada musim Lebaran 2017 lalu angka kecelakaan yang melibatkan sepeda motor bisa ditekan hingga 67 persen.

Penurunan angka kecelakaan ini terjadi karena manajemen perjalanan dan keselamatan saat mudik Lebaran semakin diperhatikan para pemudik. Nah, agar mudikmu aman meski naik sepeda motor, coba deh ikuti tips berikut.

Istirahat yang Cukup

Istirahat sebelum mudik. (Okezone.com)

Sebelum mudik, sebaiknya kamu istirahat yang cukup, Millens. Paling tidak kamu harus tidur selama delapan jam sebelum menempuh perjalanan mudik. Pastikan juga kondisi badanmu baik ya.

Cek Kondisi Motor

Cek kondisi motor. (Liputan6.com)

Kondisi motor sangat perlu untuk diperhatikan. Sebelum mudik, pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima. Cek kondisi ban, rem, rantai, bahan bakar, dan hal-hal sepele seperti tutup pentil ban. Mudikmu bakal lebih nyaman saat kondisi motormu baik.

Manfaatkan Rest Area

Manfaatkan rest area. (Timesunion.com)

Menjelang Lebaran, banyak rest area yang disediakan untuk pemudik. Nah, manfaatkan rest area itu untuk istirahat. Waktu yang disarankan untuk istirahat yakni setiap dua jam sekali. Waktu istirahat ini dianggap ideal bagi tulang belakang manusia yang menanggung beban berat saat berkendara, apalagi jika barang bawaanmu banyak atau berat. Istirahat setiap dua jam sekali juga bisa membantu psikologis manusia berada dalam kondisi yang bugar.

Jangan Bawa Barang secara Berlebihan

Bawa barang seperlunya. (Rei.com)

Motor memiliki ruang penyimpanan yang lebih sempit dibanding mobil. Karena itu, ada baiknya kamu nggak membawa barang bawaan terlalu banyak. Pastikan juga posisi barang bawaan itu aman baik bagimu maupun bagi pengendara lainnya.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu ikuti saat mudik menggunakan sepeda motor. Oh iya, jangan ngebut ya. Ingat, ada keluarga yang menunggumu. Selamat mudik. Semoga selamat sampai tujuan.  (IB09/E04)