Mudah Plus Murah, Bersihkan Kuas Mekapmu dengan Cara Ini

Mudah Plus Murah, Bersihkan Kuas Mekapmu dengan Cara Ini
Macam-macam kuas make up. (Lifestyle.okezone)

Untuk mengaplikasikan beragam kosmetik di wajah, seseorang biasanya menggunakan kuas. Nah, selain kosmetk, kebersihan kuas juga perlu dijaga, Millens.

Inibaru.id - Untuk mengaplikasikan mekap (make up), seseorang biasanya memanfaatkan kuas. Meski sering dipakai, kebersihan kuas terkadang terlupakan. Padahal, kuas yang kotor dijadikan tempat bertumbuhnya kuman dan bakteri, yang bisa memicu berbagai permasalahan kulit seperti break out dan alergi. Hmm, pasti nggak mau kan wajahmu rusak gara-gara kuman dan bakteri yang ada di kuas?

Karena itulah, kebersihan kuas mesti selalu dijaga. Nggak susah kok membersihkan kuas mekap. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang murah dan mudah ditemukan di sekitarmu untuk mencuci kuas. Berikut bahan-bahan yang bisa kamu gunakan, Millens.

Gunakan Sabun Cair

Kuas make up bisa dibersihkan dengan sabun cair. (IDNTimes)

Di tempat tinggalmu pasti ada sabun cair atau sabun cuci piring, kan? Sabun tersebut bisa digunakan untuk membersihkan kuas mekap, lo. Kamu cukup mencampurkan sedikit sabun cair dengan air di dalam wadah. Kemudian masukkan kuas ke dalam campuran tersebut dan rendam selama lebih kurang 15 menit. Sebelum diangkat, aduk campuran air dan sabun menggunakan kuas agar kotorannya terlepas. Jika sudah, bilas dengan air bersih, tepuk dengan tisu, dan diamkan hingga kering.

Silicon Mat

Membersihkan kuas make up menggunakan silicon mat. (Hyperli)

Silicon mat adalah aplikator mekap yang berbahan silikon. Silicon mat bisa kamu dapatkan di toko-toko kecantikan. Kalau mau membersihkan kuas menggunakan silicon mat, pilih silicon mat yang permukaannya tidak rata ya, agar hasilnya maksimal. Untuk membersihkan kuas, beri sedikit sabun pada silicon mat, basahi kuas, dan gosok kuas pada silicon mat hingga bersih.

Sampo Bayi

Sampo bayi bagus untuk membersihkan kuas make up. (IDNTimes)

Sampo bayi juga dapat digunakan untuk membersihkan kuas mekap. Sampo bayi memiliki formula yang lembut sehingga kuasmu nggak akan menjadi kasar.

Cleaning Spray

Cleaner spray kuas. (Anniquina)

Bila nggak mau ribet, ada cara praktis untuk membersihkan kuas mekap yakni dengan cleaning spray. Kamu hanya perlu menyemprotkan cleaning spray pada kuas-kuasmu, lalu sapukan kuas tersebut pada tisu.

Mesin Pembersih Kuas

Mesin pembersih kuas. (Shavershop)

Nggak cuma baju yang punya mesin cuci, kuas mekap juga punya mesin cuci khusus. Ukuran mesin cuci ini nggak sebesar mesin pencuci baju. Mesin pembersih kuas ini ukurannya kecil dan berbentuk bulat. Cara pakainya, cukup masukkan kuas ke dalam mesin pembersih kuas, masukkan sabun khusus, dan tekan tombolnya.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan kuas mekap. Ayo jangan malas bersihkan kuas mekapmu. Usahakan selalu membersihkan kuas setiap seminggu sekali atau sebulan sekali agar kotoran nggak menumpuk di kuas. Selamat mencoba! (MG28/E04)