Mudah Mengantuk Saat Puasa? Ini Alasannya

Mudah Mengantuk Saat Puasa? Ini Alasannya
Ilustrasi menguap. (Shuttestock/File404)

Berpuasa dapat menyebabkan tubuh terasa lemas dan lebih mudah mengantuk. Namun, benarkah puasa memicu datangnya kantuk?

Inibaru.id – Siang hari memang waktu “rawan” mengantuk ya, Millens. Terlebih saat Ramadan seperti sekarang ini, rasa kantuk datang lebih sering. Tidur saat puasa katanya termasuk ibadah, tapi kalau tidur terus kan aktivitasmu bisa kacau.

Nah, bila kamu sering mengantuk, coba periksa kembali makanan yang kamu konsumsi saat sahur. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi adalah salah satu penyebab seseorang mudah merasa mengantuk. Rasa kantuk yang timbul setelah makan disebabkan karena tubuh memproduksi lebih banyak hormon serotonin. Yap, hormon itu berperan dalam regulasi mood dan siklus tidur.

Sejumlah makanan yang mengandung karbohidrat tinggi antara lain nasi, roti, kue, susu, dan makanan yang mengandung gula seperti permen. Eits, tapi bukan berarti kamu sama sekali nggak boleh mengonsumsi karbohidrat saat sahur, ya.

Menu sahur dapat berpengaruh pada mengantuk saat puasa. (Shutterstock)

Kamu bisa mengganti asupan karbohidrat sederhana  itu dengan yang kompleks seperti nasi merah. Dengan begitu, tubuh akan menyimpan energi lebih lama dan kamu pun nggak mudah merasa lapar.

Oh iya, porsi karbohidrat yang disarankan dalam sepiring makananmu adalah sekitar 50 hingga 60 persen seperti yang disampaikan ahli gizi dr Jovita Amelia dalam laman Antaranews, Senin (6/5/2019).

Kalau kamu pengin mengonsumsi makanan manis, konsumsilah sayuran, buah-buahan, atau umbi-umbian yang juga termasuk dalam karbohidrat kompleks. Eits, jangan lupakan kandungan gizi lainnya yang diperlukan tubuh seperti zat besi yang bisa kamu dapatkan dari ikan, bayam, dan tahu.

Perhatikan makanan yang kamu konsumsi saat sahur. (Shutterstock)

Penuhi juga kebutuhan cairanmu dengan tetap minum delapan gelas air dalam sehari. Kamu bisa membaginya dengan cara meminum dua gelas air saat buka puasa, dua gelas air setelah makan besar, dua gelas air sebelum tidur, dan dua gelas air saat sahur.

Dengan memperhatikan asupan karbohidrat dan gizi lainnya, puasamu bakal lebih berenergi dan nggak mudah lemas. Selamat berpuasa, Millens! (IB10/E04)