Mudah Lupa? Waspadai Gejala Brain Fog

Mudah Lupa? Waspadai Gejala <em>Brain Fog</em>
Ilustrasi mudah lupa. (Getty Images)

Mudah lupa dan hilang konsentrasi bisa jadi pertanda kamu mengalami gejala brain fog. Fenomena ini biasa menyerang seseorang yang mulai menginjak usia 20 tahun.

Inibaru.id – Pernah nggak sih tiba-tiba kamu lupa letak menaruh suatu benda atau nggak ingat alasan kamu datang ke suatu tempat? Kalau pernah, kamu perlu waspada nih, bisa jadi hal itu gejala brain fog.

Laman Detik, (31/10/2017) menulis, secara harfiah brain fog diterjemahkan sebagai kondisi otak berkabut yang merujuk pada gejala menurunnya fungsi dan kapasitas otak. Brain fog dapat dikatakan sebagai fenomena yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia.

Ilustrasi mudah lupa. (Shutterstock/Mangpor2004)

Yap, brain fog bisa terjadi pada siapa saja. Gejala brain fog mulai dialami seseorang yang memasuki usia 20 tahun, Millens.

Salah satu gejala yang paling jamak dialami pada fenomena brain fog adalah mudah lupa dan mudah kehilangan fokus saat sedang beraktivitas. Selain itu, ada pula gejala lainnya seperti mudah lelah, mudah merasa lemas, hingga sakit sepala.

Fyi, efek brain fog seperti mudah lupa sering dikira sebagai gejala penyakit alzheimer atau demensia. Eits, ketiga hal tersebut tentu berbeda. Penderita brain fog umumnya berusia lebih muda jika dibandingkan dengan penderita alzheimer atau demensia.

Brain fog biasa terjadi pada usia awal 20 tahun. (Shutterstock/Dean Drobot)

Penyebab brain fog pun beragam seperti kurang tidur, stres, perubahan hormon, kurangnya asupan nutrisi, hingga gaya hidup yang nggak sehat.

Penyebab-penyebab tersebut sesungguhnya bisa diatasi, bukan? Nah, ayo perhatikan kembali kondisi kesehatan tubuh dan gaya hidupmu agar nggak terserang gejala brain fog! (IB10/E04)