Mudah Lupa? Jangan-Jangan Kamu Kena Sindrom Dory Nih!

Mudah Lupa? Jangan-Jangan Kamu Kena Sindrom Dory Nih!
Mudah lupa bukan berarti tanda menurunnya kemampuan kognitif ya, Millens! (Unsplash)

Untuk memastikan apakah kamu terkena Sindrom Dory atau nggak, ada baiknya kamu pahami ciri-ciri berikut!

Inibaru.id - Tokoh Dory dalam film Finding Dory yang berwujud ikan kecil bertubuh biru memang memiliki ciri yang unik. Yap, si Dory diceritakan memiliki kecenderungan mudah lupa pada hal-hal kecil yang baru saja dialaminya. Hm, kalau kamu juga begitu, bisa aja lo kamu kena Sindrom Dory! Daripada menebak-nebak, mending langsung saja yuk simak cirinya!

Anyway, kelainan mudah lupa yang dialami Dory pada manusia disebut short-term memory loss! Nah, merujuk pada Kompas (24/6/2017), short-term memory adalah memori jangka pendek yang disebut juga memori aktif atau memori dasar. Letaknya ada di bagian otak depan atau frontal lobe. Lazimnya, peristiwa singkat yang hanya 30 detik bisa saja tersimpan dalam memori tersebut hingga beberapa hari setelah kejadian. Wew!

Terus kira-kira apa sih yang bisa membuat memori jenis ini terganggu?

Ternyata ada beberapa faktor lo, Millens! Termasuk faktor konsumsi obat-obatan yang berlebihan, kurang tidur, konsumsi rokok dan alkohol hingga stress. Duh, bagi kaum-kaum yang sudah terjangkit insomnia harus waspada nih! He-he.

Eits, namun terlepas dari faktor eksternal seperti yang telah disebutkan, kelainan jenis ini memang lumrah terjadi seiring bertambahnya usia kok, Millens! Jadi, kalau kamu bukan perokok, nggak konsumsi obat berlebih, nggak stres dan cukup tidur tapi masih mengalaminya juga ya jangan kaget! Ha-ha.

Soalnya, menurut penjelasan Yuda Turana, seorang dokter spesialis saraf yang dilansir dari Kompas (11/4/2015), “brain overload terjadi ketika informasi yang diterima otak terlalu banyak atau penuh. Biasanya karena banyaknya pekerjaan atau pikiran, sehingga otak mengalami gangguan memori.” Berita baiknya, gangguan ini belum tentu tanda penurunan kognitif ya, Millens!

Nah, untuk meminimalisasi gangguan tersebut sebenarnya mudah kok! Cukup menerapkan pola hidup sehat, termasuk olahraga yang cukup dan mengonsumsi vitamin B1 dan B12. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan buku agenda atau media apa pun yang bisa memfasilitasi kamu untuk membuat list-list kegiatan atau barang untuk membantu kedisiplinan serta menjaga agar barangmu nggak ketlingsut (terselip)! He-he.

Jadi, gimana nih, Millens? Apakah kamu termasuk pengidap sindrom dory? (IB23/E05)