Mudah Dirawat, Ini Tanaman Hias yang Cocok untuk Pemula

Mudah Dirawat, Ini Tanaman Hias yang Cocok untuk Pemula
Tanaman hias bambu rejeki. (Lumikasa)

Ada yang bilang merawat tanaman hias memerlukan keterampilan khusus dan nggak gampang. Padahal jika kamu tepat memilih jenis tanaman hias yang tepat, perawatannya dijamin mudah lo. Nah, beberapa tanaman hias berikut cocok untuk para pemula.

Inibaru.id – Tanaman hias menjadi salah satu jenis yang digandrungi oleh para pecinta tanaman. Selain karena bentuknya yang indah, memiliki koleksi tanaman hias bisa mendatangkan ketenangan jiwa bagi pemiliknya.

Bagi para pemula, aktivitas berkebun dan merawat tanaman hias bisa jadi menyulitkan. Terlebih ketika terbayang betapa ribetnya dalam merawatnya. Padahal banyak tanaman hias yang perawatannya mudah lo. Bahkan hanya memerlukan sedikit air dan cahaya.

Melansir Fabelio, di antara beragam pilihan tanaman hias yang ada, berikut ini lima tanaman hias yang cocok untuk ditanam di rumah bagi pemula.

Sirih Gading

Sirih gading tumbuh merambat. (Shopback)<br>
Sirih gading tumbuh merambat. (Shopback)

Bentuk daun sirip gading mirip hati berwarna hijau dengan corak kekuning-kuningan. Tumbuhan ini bisa hidup merambat, jadi nggak heran sirih gading termasuk tanaman hias gantung yang populer. Warna yang cantik bisa membuat siapa saja merasa damai saat memandangnya. Cara menanamnya sederhana, cukup tanam di pot dan biarkan akarnya terus tumbuh.

Sukulen

Sukulen yang minimalis. (Pxhere)<br>
Sukulen yang minimalis. (Pxhere)

Keindahan tanaman hias mini ini memang sangat sulit untuk ditolak. Sukulen mempunyai beragam bentuk, warna, dan jenis yang lucu-lucu. Beberapa jenis sukulen yaitu kaktus hias dan lidah buaya hias. Tumbuhan ini dapat ditanam dalam pot-pot berbentuk unik yang banyak dijual di pasaran. Perawatannya pun cukup mudah karena nggak memelurkan banyak air.

Bambu Keberuntungan

Bambu keberuntungan yang bisa dibentuk sesukamu. (Bramblefurniture)
Bambu keberuntungan yang bisa dibentuk sesukamu. (Bramblefurniture)

Sebagaimana namanya, tanaman hias satu ini dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan bagi orang yang menanam. Spesies Draceana tersebut bentuknya bisa kamu custom sendiri sesuai selera. Batang dan daunnya yang cantik bisa jadi penghias meja kerja kamu. Tumbuhan ini nggak memerlukan banyak cahaya dan bisa kamu tanam dengan media air lo.

Spider Plant

Nama lain dari spider plant adalah lili paris. (Azgardarsi.wordpress)
Nama lain dari spider plant adalah lili paris. (Azgardarsi.wordpress)

Daun dari spider plant berwarna hijau memanjang dengan garis warna putih mengeliling tepi. Dinamakan spider plant karena tumbuhan hias satu ini dapat tumbuh sangat banyak mirip kaki laba-laba. Tanaman ini mudah dirawat dengan memotong daun-daun ketika pot telah penuh. Menyiramnya pun cukup dengan air secukupnya, karena jika kebanyakan air dan pupuk bisa bikin daun terbakar.

Lidah Mertua

Lidah mertua nggak membutuhkan banyak cahaya. (Honestdocs)<br>
Lidah mertua nggak membutuhkan banyak cahaya. (Honestdocs)

Lidah mertua disebut pula dengan nama snake plant (tanaman ular), karena corak daun yang bersisik dan memanjang seperti ular. Sangat cocok tumbuh dalam lingkungan yang kekurangan cahaya dan air, sehingga meletakkannya di dalam rumah pun nggak akan jadi masalah. Bahkan tanaman hias satu ini bisa kamu gunakan untuk pembatas ruang lo. Letakkan saja potnya di antara 2 ruang yang berbeda.

Tanaman hias mana yang bakal kamu tanam terlebih dulu nih, Millens? (MG26/E06)