Mood Berantakan? Atasi dengan Cara Ini

Keadaan mood yang jelek bisa mengganggu aktivitasmu, lo. Biar suasana hatimu kembali ceria, atasi dengan cara-cara ini.

<em>Mood</em> Berantakan? Atasi dengan Cara Ini
Cara meningkatkan mood. (Dragon Images)

Inibaru.id – Bagi sebagian orang, suasana hati dapat dengan mudah berubah-ubah. Walaupun tampak sepele, suasana hati yang buruk bisa berdampak negatif pada kesehatan emosi maupun fisik. Atas alasan ini, bila suasana hatimu mulai buruk, cobalah untuk segera mengatasinya.

Menurut para ahli, menghabiskan waktu di alam merupakan salah satu cara untuk memperbaiki kesehatan mentalmu. Bahkan, hal itu dapat meningkatkan mood bagimu yang merasa kesehatan mentalnya kurang sehat. Berikut beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan di alam untuk meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Berjalan Kaki Sekitar 20 Menit

Menurut para ahli, menghabiskan waktu di alam selama 20-30 menit dapat mengurangi tingkat kortisol di dalam tubuh. Selain itu, berjalan kaki di alam dapat memberikan manfaat kesehatan mental.

Makan Siang di Luar Ruangan

Menurut Dr Mary Carol Hunter, pemimpin studi yang dilakukan Wildife Trust, duduk di tempat yang bernuansa alam dapat membantu meningkatkan kesehatan mental. Meski kamu bukan tipe orang yang suka bepergian, cobalah sesekali makan siang di luar ruangan.

Berolahraga di Taman Kota

Cara lain untuk meningkatkan ketahanan tubuh terhadap depresi adalah dengan berolahraga. Bergerak aktif dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi stres dan kecemasan, dan mendorong pelepasan hormon endorfin yang membantumu merasa lebih baik.

Berkebun

Journal of Physiological Anthropology membandingkan dua aktivitas antara bekerja di kantor dan berkebun. Dari penelitian tersebut terlihat para partisipan merasa lebih tenang ketika bekerja di alam. Kamu nggak harus memiliki tanah yang luas untuk berkebun, kok. Dengan menanam tanaman dalam pot di halaman rumah, kamu sudah bisa mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan mentalmu, Millens.

Tanaman di Rumah atau Meja Kerja

Royal Horticultural Society (RHS) mengatakan berinteraksi dengan alam dapat membantumu bersantai dan menenangkan pikiran. Karena itu, cobalah tempatkan tanaman di meja kerjamu supaya hatimu diliputi suasana positif.

Selain cara-cara tersebut, kamu punya cara lain untuk meningkatkan mood nggak nih? (IB24/E04)