Momento Mori dan Simbol-Simbol Pengingat Kematian di Sekitar Kita

Momento Mori dan Simbol-Simbol Pengingat Kematian di Sekitar Kita
Dunia seni juga kerap memperingatkan audiens mengenai kematian. (Freepik)

Katanya, hamba Tuhan yang baik adalah yang paling banyak mengingat kematian. Karena itu, nggak heran jika kita selalu diingatkan dengan kematian. Dengan mengingat kematian, orang akan semakin terpacu untuk beribadah dan berbuat kebaikan. Nah, dalam dunia seni ada Memento Mori. Tujuannya sama yaitu mengingatkan akan kematian. 

Inibaru.id - Memento mori merujuk pada berbagai unsur dalam seni yang tujuannya mengingatkan audiens akan kematian. Memento mori bisa saja menjadi tema utama dalam suatu karya seni atau dapat pula hanya menjadi elemen kecil di dalamnya. Misalnya, kamu meihat ada gambar tengkorak kecil di sudut sebuah lukisan. Nah, itulah memento mori.

Dalam bahasa Latin, Memento mori merupakan frase yang berarti “Ingat Anda akan mati.” Bisa juga sih diartikan sebagai pesan untuk “makan, minum, dan bersukarialah, karena besok mungkin Anda mati,” dalam seni Kristen Eropa, lebih kerap ditafsirkan sebagai pengingat ketidakabadian kesenangan duniawi.

Ada beberapa figur yang sering dijadikan simbol memento mori seperti tengkorak, jam pasir, lilin yang padam, bunga atau buah yang layu, dan serangga. Figur apa pun yang ada hubungannya dengan perjalanan waktu bisa direpresentasikan sebagai memento mori. Itu sebab, jam publik sering dilekati frase Tempus Fugit yang berarti “lalat waktu” atau “waktu terbang”. Maksudnya, waktu yang sudah berlalu nggak bisa kembali lagi.

Jam pasir merupakan representasi memento mori. (Freepik)
Jam pasir merupakan representasi memento mori. (Freepik)

Eh, tahu nggak kalau jam tangan yang sering dipakai juga kerap dihiasi dengan memento mori seperti tengkorak? Biasanya sih berukuran kecil dan melekat pada aksesoris. Tujuannya tentu saja untuk mengingatkan pada kematian.

Di museum Cloisters di New York City, kamu mungkin bisa menemukan simbol memento mori berupa ukiran abad pertengahan dalam bentuk peti mati kecil yang terbuka pada adegan Dives, atau orang kaya di neraka.

Memento mori juga kerap ditemukan pada seni penguburan. Contohnya, banyak batu nisan atau patung peringatan yang menggambarkan tengkorak atau kerangka.

Pada akhir abad pertengahan Eropa, di atas makam terkadang dipasang figur dari mayat yang membusuk, bukan figur orang semasa hidupnya seperti yang umum digunakan pada era sebelumnya. Memento mori muncul pula dalam sastra dan musik serta dalam seni visual.

Meskipun nggak sepopuler dulu, kamu masih dapat menemukan contoh memento mori di era modern, terutama pada karya sastra dan musik. Tanpa kamu sadari, jam kematian atau mainan komputer yang menghitung jam kematian pengguna merupakan contoh karya digital yang menjadi simbol memento mori.

Hm, kira-kira unsur memento mori apa saja yang kamu punya nih, Millens? (Ama/IB21/E07)