Mobil Tangki BBM Hanya Bawa Satu atau Banyak Jenis Bahan Bakar Sih?

Mobil Tangki BBM Hanya Bawa Satu atau Banyak Jenis Bahan Bakar Sih?
Mobil tangki BBM milik Pertamina. (Twitter.com/pertamina)

Ada yang menganggap satu tangki mobil BBM hanya diisi satu jenis BBM. Sementara, ada yang menyebut tangki-tangki tersebut bisa dicampur banyak jenis BBM. Mana yang benar, ya?

Inibaru.id – Salah satu jenis mobil yang bisa kita temukan setiap hari di jalanan Indonesia adalah mobil tangki bahan bakar minyak (BBM). Mobil berjenis truk berukuran besar ini lumayan ditakuti karena dianggap mudah terbakar. Padahal, biasanya gaya berkendaranya nggak ugal-ugalan dan cenderung kalem. Nah, ternyata, ada sebuah pertanyaan yang masih bikin penasaran warga Indonesia terkait dengan truk tangki BBM ini, lo.

Pertanyaannya sederhana. Di dalam satu tangki berukuran ribuan liter BBM ini, hanya ada satu atau beberapa jenis BBM yang diangkut. Kalau memang ada beberapa, bagaimana cara membagi dan kemudian mendistribusikannya ya?

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman pernah mendengar pertanyaan ini. Nggak ingin membuat banyak orang penasaran, dia memastikan bahwa di tiap tangki mobil BBM bisa diisi dengan beberapa jenis BBM.

“Jadi begini, di dalam setiap tangki BBM itu ada sekat-sekatnya. Nah di setiap sekat bisa diisi jenis BBM yang berbeda-beda,” terang Fajriyah pada Jumat (18/12/2020).

Setiap tangki BBM bisa diisi berbagai jenis BBM yang dibutuhkan SPBU. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Setiap tangki BBM bisa diisi berbagai jenis BBM yang dibutuhkan SPBU. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Menariknya, ukuran tangki BBM memiliki daya tampung yang nggak selalu sama, lo. Kamu pun bisa melihat mobil tangki BBM yang berukuran sedang dengan daya tampung 8.000 liter. Sementara itu, truk tangki BBM berukuran besar biasa membawa BBM sebanyak 40 ribu liter1

“Ada banyak tujuan mengapa tangki dibikin beberapa sekat. Salah satunya menurunkan guncangan cairan saat truk dijalankan. Selain itu, hal ini juga untuk optimalisasi distribusi bahan bakar. Jadi, di dalam 1 truk bisa mengisi ulang banyak jenis bahan bakar di SPBU tanpa khawatir bahan-bahan bakar ini akan tercampur.

O ya, jenis BBM yang diangkut dalam mobil tangki ini berbeda-beda, tergantung kebutuhan SPBU yang bakal dilalui. Jadi, semua SPBU sudah dijadwalkan pengisian ulangnya, Millens. 

“Di dalam satu tangki mobil BBM bisa saja ada 2 sampai 4 kompartemen. Nah, di setiap kompatermen kapasitasnya bisa mencapai 8 kilo liter,” terang Unit Manager CR & CSR Pertamina Jawa bagian barat, Eko Kristiawan.

Jadi, sudah tahu kan kalau tangki BBM ternyata bisa membawa sejumlah jenis BBM sekaligus, Millens? (Gri/IB09/E05)