Mobil Bekas Keluaran Lebih dari 10 Tahun Dilarang di Jakarta, Siapa Paling Merugi?

Mobil Bekas Keluaran Lebih dari 10 Tahun Dilarang di Jakarta, Siapa Paling Merugi?
Ada kabar yang menyebut mobil berusia lebih dari 10 tahun bakal dilarang beroperasi di jalanan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Uji misi bakal diperketat di Jakarta. Lebih lanjut, mobil bekas keluaran lebih dari 10 tahun bakal dilarang melaju di jalan. Dari kebijakan ini, siapa yang paling merugi?

Inibaru.id – Ketentuan uji emisi bakal diperketat bagi seluruh kendaraan pribadi. Kemudian, pada 2025, nggak akan ada lagi kendaraan pribadi berusia lebih dari 10 tahun yang akan beroperasi di wilayah DKI Jakarta.

Setidaknya, itulah dua hal yang tertera dalam Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 6 Tahun 2019 tentang Percepatan Pengendalian Kualitas Udara di Jakarta, yang belakangan viral di media sosial. Pada Bagian 1 Nomor 3, disebutkan pada 2025 semua kendaraan pribadi dilarang beroperasi di Ibukota.

Memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan pribadi mulai pada tahun 2019 dan memastikan tidak ada kendaraan pribadi lebih dari 10 tahun yang dapat beroperasi di wilayah DKI Jakarta pada 2025,” tulis instruksi tersebut.

Masih belum jelas apakah instruksi ini akan benar-benar ditetapkan atau nggak. Namun, tentu saja hal tersebut dikeluhkan pedagang mobil bekas di Jakarta. Riza Maulana, pemilik showroom mobil bekas di Depok, Metro Carindo, mengatakan, aturan itu sudah lama, tapi implementasinya sampai sekarang nggak ada.

“Untuk penjualan mobil bekas, aturan soal usia mobil 10 tahun ini sebenarnya juga nggak berdampak banyak,” terangnya, Rabu (20/1/2021).

Aturan pembatasan usia mobil mempengaruhi penjualan mobil bekas. (Flickr/ Aaron Yoo)
Aturan pembatasan usia mobil mempengaruhi penjualan mobil bekas. (Flickr/ Aaron Yoo)

Menurut Riza, kebanyakan pelanggannya mencari mobil lawas dengan usia paling tua tiga tahun. Dari 10 orang yang mencari mobil, paling hanya dua atau tiga yang menginginkan mobil dengan usia lebih dari satu dekade. Hal ini disebabkan oleh perhitungan biaya perawatan serta kondisi mobil.

Banyak orang yang memilih mobil bekas keluaran yang nggak terlampau lama biar nggak ribet dalam merawat kendaraan atau ketersediaan suku cadang seandainya kendaraan tersebut bermasalah. Selain itu, kebanyakan mobil berusia lebih dari 10 tahun jarang mendapat dukungan leasing.

"Padahal, sebagian orang baru mampu membeli mobil dengan mencicil," ungkap Riza.

Sementara, terkait uji emisi yang jadi acuan instruksi gubernur untuk membatasi usia mobil, Riza justru mempertanyakannya. Menurutnya, asalkan mobil dirawat dengan baik, nggak masalah apakah usia mobil lebih dari 10 tahun atau tidak.

Jika belum direalisasikan, memang belum kelihatan siapa yang paling merugi dalam hal ini. Tapi, kalau kamu pencinta mobil klasik dan lawas, kayaknya kamu perlu segera memindahkan mobilmu dari Jakarta deh! Ha-ha. (Kum/IB09/E03)