Mitos Rumah Bawa Sial Ini Dipercaya Banyak Orang, Benar Nggak Ya?

Mitos Rumah Bawa Sial Ini Dipercaya Banyak Orang, Benar Nggak Ya?
Terdapat sejumlah mitos denah atau tata letak rumah yang dipercaya bisa membawa sial bagi penghuninya. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Bagi orang yang percaya mitos, rumah kalau posisinya salah bisa mendatangkan sial atau rezeki seret. Namun, nggak perlu khawatir berlebihan. Ada kok cara untuk memperbaikinya. Gimana, ya?

Inibaru.id - Bagi orang yang masih percaya mitos, tentu akan sangat memperhatikan letak, denah, lokasi, atau bahkan nomor rumah. Mereka yakin jika berbagai hal tersebut bisa menentukan nasib penghuninya. Ada sejumlah rumah yang bahkan dipercaya bisa membawa apes atau sial sehingga cenderung dihindari.

Nah, mitos-mitos ini juga sering dikaitkan dengan Feng Shui dan Primbon Jawa. Menariknya, meski dianggap bisa membawa sial, ada kok cara untuk memperbaiki kondisi rumah agar nggak lagi membawa nasib buruk. Nah, bagaimana ya cara memperbaikinya? Simak yuk di laporan Inibarumitos!

Rumah dengan Seluruh Pintu Lurus Sejajar

Rumah dengan pintu yang lurus sejajar dari ruang tamu hingga ke pintu belakang memang bisa membuat denah rumah jadi nggak ribet. Hanya, ada yang menyebut hal ini bisa membuat pemiliknya nggak mampu mengelola uang dengan baik. Hal ini disebabkan oleh adanya kepercayaan kalau rezeki akan masuk dari pintu masuk dan langsung bablas keluar lewat pintu belakang tanpa ada yang menghalangi.

Banyak orang yang mengakalinya dengan memasang partisi sehingga pintu rumah jadi nggak langsung bablas ke pintu belakang. Ada juga yang memasang meja dan vas bunga segar di antara pintu-pintu yang sejajar demi membuat energi positif di rumah jadi lebih baik. Dengan cara ini, keuangan akan bisa ditata dengan lebih baik. Jadi nggak tekor terus, deh.

Meskipun ada rumah yang bawa sial, namun bisa disiasati kok. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)<br>
Meskipun ada rumah yang bawa sial, namun bisa disiasati kok. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Rumah Tusuk Sate

Ini sebutan rumah sial yang paling sering dibicarakan orang. Biasanya rumah tusuk sate berada di depan pertigaan, terekspos sinar matahari dan langsung menghadap ke jalan.

Maka dari itu, rumah akan terasa lebih panas, berangin, berdebu dan bikin penghuninya mudah marah dan sakit. Banyak orang yang juga percaya penghuni rumah tusuk sate akan mengalami hambatan rezeki dan sering mengalami pertengkaran.

Tenang, ada kok cara mengatasinya kalau kamu sudah terlanjur memiliki rumah tusuk sate. Kamu bisa memindah pintu utama rumah ke bagian samping. Jendela depan juga bisa dipindah ke sisi lain. Kalau nggak, kamu bisa memasang semacam tembok pembatas jadi rumah nggak terlihat langsung menghadap ke jalan.

Rumah Luwang Mayit

Mitos rumah luwang mayit ini berasal dari kepercayaan Jawa. Luwang mayit maksudnya adalah “liang kubur” yang ukurannya 2 meter x 1 meter.

Luwang mayit yang dimaksud bukan berarti rumah ini ukurannya sangat kecil, namun berupa tipe rumah yang memiliki lorong buntu di tengah-tengah rumah. Lorong ini kabarnya bikin rumah jadi terasa panas dan penghuninya nggak betah.

Biar sirkulasi udara di lorong jadi lebih baik dan suhunya nggak begitu panas, kamu bisa kok memberi kipas angin. Selain itu, pasanglah semacam lukisan atau vas bunga jadi suasananya jadi nggak begitu suram.

Meski mitos rumah bawa sial ini masih dipercaya, kamu nggak perlu khawatir berlebihan kalau tinggal di dalamnya. Ada cara buat membuatnya jadi nyaman dan bikin rezeki lancar, kok. (Ruk/IB28/E07)