Mitos Milky Way, Benarkah dari Air Susu Hera yang Terciprat?

Mitos Milky Way, Benarkah dari Air Susu Hera yang Terciprat?
Galaksi Bima Sakti atau Milky Way konon berasal dari cipratan air susu Dewi Hera. (Kom/Yoga Hastyadi Widiartanto)

Konon, Milky Way terbentuk dari air susu Hera, istri Zeus yang  berhamburan di angkasa. Seperti apa kisah lengkapnya?

Inibaru.id – Membahas mitos memang nggak ada habisnya. Meski nggak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, mengetahui mitos cukup menarik. Kali ini, ada satu mitos yang sayang untuk dilewatkan, Millens. Mitos ini seputar asal usul galaksi Milky Way atau Bima Sakti.

Tahu nggak kenapa disebut Milky Way? Orang Yunani punya mitos seputar hal ini lo. Konon hal ini berhubungan dengan Hera dan Hercules. Hera merupakan istri Dewa Petir, Zeus, sementara Hercules adalah putra Zeus dengan seorang manusia. Jadi, Hercules itu setengah dewa dan setengah manusia.

Suatu ketika, Zeus membawa Hercules yang masih bayi untuk disusui Hera secara diam-diam. Saat itu, Hera sedang tertidur pulas. Zeus kemudian mendekatkan Hercules pada Hera dan ia mulai menyusu. Setelah beberapa saat, Hera bergerak sehingga payudaranya terlepas. Air susu Hera menyiprat di angkasa dan terbentuklah galaksi yang kita kenal dengan Milky Way.

Mitos Yunani tentang pembentukan Milky Way diabadikan oleh seniman Renaissance Jacopo Tintoretto dalam lukisan "The Origin of the Milky Way" sekitar 1575.

Dalam bahasa Indonesia, kita mengenalnya dengan galaksi Bima Sakti. Hal ini dikarenakan, jika ditarik garis-garis maka akan menyerupai karakter Bima yang sedang dililit ular.

Pencemburu

lukisan Jacopo Tintoretto
lukisan Jacopo Tintoretto "The Origin of the Milky Way". (Wikipedia)

Kamu mungkin bertanya-tanya kenapa Zeus harus membawa Hercules secara diam-diam untuk disusui Hera. Jadi begini, Hera merupakan istri Zeus yang sangat pencemburu dan pendendam. Ia sangat benci kepada selingkuhan Zeus dan anak-anak mereka.

Ia bertekat untuk membinasakan mereka semua. Sudah banyak para perempuan yang dicintai Zeus harus mati atau dikutuk oleh Hera karena bercinta dengan suaminya. Hal mengerikan juga terjadi pada anak-anak mereka.

Kalau suka membaca epos Yunani, kamu tentu pernah mendengar tugas-tugas berbahaya yang harus diselesaikan Hercules. Nah, Heralah yang membuat tugas itu semakin berat dengan berbagai tipuan. Meski begitu, Hercules selalu berhasil menyelesaikan tugasnya dengan dibantu Zeus diam-diam.

Pernikahan dengan Zeus

Hera sebenarnya adalah kakak kandung Zeus. Sudah lama Zeus jatuh cinta dengan Hera namun ia selalu ditolak. Hingga suatu hari Zeus menipu Hera dan berhasil menikahinya. Meski pernikahan ini nggak didasari cinta, tetap saja Hera nggak terima jika Zeus berhubungan dengan perempuan selain dirinya.

Sifat Zeus yang doyan selingkuh juga nggak membuatnya pergi meninggalkan suaminya itu. Duh, toxic banget ya? Hahaha (Kom/IB21/E01)