Mitos Foto Bertiga Bisa Bawa Sial atau Picu Kematian, Benar Nggak Sih?

Mitos Foto Bertiga Bisa Bawa Sial atau Picu Kematian, Benar Nggak Sih?
Mitos foto bertiga, yang tengah bakal kena sial atau bahkan cepat meninggal. (Flickr/ Brian Evans)

Kalau foto bertiga, ada mitos yang menyebut orang yang di tengah bakal kena sial atau bahkan lebih cepat meninggal. Benar nggak sih mitos ini?

Inibaru.id – Ada banyak sekali mitos yang dipercaya oleh masyarakat. Mitos-mitos ini sebenarnya nggak begitu masuk akal, namun tetap dihindari karena dianggap bisa menyebabkan dampak yang nyata. Salah satunya adalah larangan untuk foto bertiga. Sebenarnya, apakah mitos ini memang benar adanya?

Ada yang percaya jika kebiasaan foto bertiga bisa menyebabkan orang yang berada di tengah akan mendapatkan kesialan. Bahkan, ada yang percaya jika orang di tengah foto bisa lebih cepat meninggal!

Meski dipercaya oleh sebagian orang Indonesia, ternyata mitos ini nggak berasal dari Tanah Air, lo. Setelah diusut, mitos ini berkembang dari bangsa Vietnam. Berbeda dengan bangsa Asia Timur yang mengeramatkan angka empat, bangsa Vietnam justru mengeramatkan angka tiga.

Angka tiga dipercaya bisa membawa sial. (Flickr/banditvskronik)
Angka tiga dipercaya bisa membawa sial. (Flickr/banditvskronik)

Ada beberapa versi dari alasan mengapa bangsa Vietnam percaya foto bertiga bisa berbahaya. Pertama, mereka percaya jika angka tiga bisa membawa sial. Selain itu, masyarakat Vietnam ternyata percaya jika ada angka yang dianggap suci bagi para dewa sehingga jika dikaitkan dengan manusia, bisa menyebabkan kesialan. Angka tersebut adalah angka tiga.

Selain itu, ada anggapan yang menyebut kilatan kamera alias blitz bisa membuat jiwa seseorang, khususnya yang berada di tengah lebih cepat menghilang atau meninggal. Ada juga yang menyebut kilatan kamera dianggap bisa ‘menyambar’ nyawa seseorang dan membuatnya cepat meninggal.

Versi lain dari larangan foto bertiga adalah dampak dari ketakutan yang dirasakan masyarakat Vietnam saat masa penjajahan Prancis. Saat itu, banyak foto bersama, khususnya yang dilakukan bertiga yang menunjukkan orang-orang yang ketakutan. Hal ini membuat mitos bahwa foto bertiga bisa memberikan kesialan pun muncul.

Mitos foto bertiga semakin nggak dipercaya. (Flickr/

Susanne Nilsson)
Mitos foto bertiga semakin nggak dipercaya. (Flickr/ Susanne Nilsson)

Belum jelas bagaimana bisa mitos yang berasal dari Vietnam ini bisa ‘menyeberang’ sampai Indonesia. Untungnya, seiring dengan perkembangan teknologi, masyarakat Tanah Air semakin mengerti bahwa mitos foto bertiga nggak lagi perlu dipercaya. Apalagi kini blitz juga nggak perlu dipakai setiap kali mengambil foto.

Jadi, kamu nggak perlu pusing lagi kalau mau foto bertiga, Millens. Nggak bakal bikin dampak yang aneh-aneh kok, kecuali kalau kamu mengambil fotonya di tengah jalan atau lokasi berbahaya lainnya. (Jog/IB09/E05)