Mitos atau Fakta Deodoran Bikin Kulit Ketiak Hitam?

Mitos atau Fakta Deodoran Bikin Kulit Ketiak Hitam?
Deodoran bisa menghilangkan bau ketiak. (aladokter.com)

Deodoran dipercaya menghilangkan bau nggak sedap pada ketiak. Bahkan beberapa produk menjanjikan kulit ketiak lebih cerah. Akan tetapi, perubahan pada kulit ketiak dapat terjadi karena penggunaan deodorant. Benar nggak sih?

Inibaru.id - Untuk menambah rasa percaya diri, orang menggunakan deodoran. Tapi beberapa orang merasa kulit ketiaknya menghitam akibat penggunaan deodoran. Benarkah produk ini menyebabkan ketiak menjadi hitam? Yuk simak hal apa saja yang membuat ketiak menjadi gelap.

Mencukur Rambut Ketiak

Ternyata mencukur dapat membuat kulit ketiak terlihat hitam. Yups, kulit ketiak yang dicukur nggak bisa tercabut hingga akarnya. Sehingga folikel rambut bakal tetap terlihat di bawah permukaan ketiak yang membuat ketiak terlihat menjadi hitam.

Kumpulan Sel Kulit Mati

Sel-sel kulit mati yang terbentuk di seluruh tubuh akan menumpuk di permukaan kulit dan terperangkap di lipatan tubuh. Salah satunya adalah di ketiak yang kemudian membuat ketiak hitam.

Acanthosis Nigricans

Acanthosis nigricans merupakan istilah medis yang digunakan untuk kulit yang menggelap dan menebal. Kondisi ini biasa terjadi di lipatan kulit, seperti di ketiak, pangkal paha dan leher. Hal ini juga dapat menjadi tanda obesitas, diabetes atau kadar hormon yang nggak normal.

Smoker’s Melanosis

Ternyata kebiasaan merokok juga berpengaruh pada kulit ketiak hitam. Merokok dapat menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi. Ketiak pun menjadi hitam selama merokok. Namun kondisi tersebut bisa diatasi dengan berhenti merokok.

Selain empat hal di atas, masih ada beberapa penyebab lain seperti hiperpigmentasi, penggunaan pakaian ketat, infeksi bakteri, melaisma, penyakit Addison, dan deodoran.

Hm, penggunaan deodoran memang bisa memicu kulit ketiak menjadi hitam. Aluminium yang terdapat pada deodoran dapat berinteraksi dengan bakteri yang hidup di ketiak, sehingga ketiak menjadi hitam. Nggak hanya itu, kandungan bahan kimia pada deodoran juga dianggap berbahaya, karena dapat membuat kulit iritasi. Bila sudah terkena iritasi, maka warna kulit ketiak bisa menghitam.

Tenang Millens, nggak semua deodoran bisa bikin kulit ketiak menjadi hitam. Sebaiknya gunakanlah deodoran ringan yang mengandung aluminium zirconium tetrachlorohydrex, karena lebih tahan lama dan lembut. Kamu juga bisa menggunakan perawatan alami dengan soda kue atau sari cuka ape lo. (IB30/E05)