Mitigasi Gempa Bumi, Kamu Harus Lakukan Ini Saat Gempa Muncul

Mitigasi Gempa Bumi, Kamu Harus Lakukan Ini Saat Gempa Muncul
Ilustrasi: Mitigasi gempa dan beberapa hal yang harus dilakukan saat gempa muncul. (Cnbc)

Mengingat gempa bumi cukup sering terjadi di Indonesia, kamu pun harus tahu mitigasi gempa alias cara menyelamatkan diri saat gempa datang. Nah, berikut adalah berbagai hal yang harus kamu lakukan saat gempa, Millens.

Inibaru.id – Mengingat Indonesia ada di pertemuan lempeng benua, maka gempa bumi pun termasuk sering terjadi. Masalahnya, cukup sering gempa terjadi dengan daya rusak yang besar sehingga menyebabkan korban jiwa. Nah, demi mencegah kembali bermunculannya korban saat gempa bumi, pemerintah pun meminta masyarakat untuk memahami mitigasi gempa dengan jauh lebih baik.

Jadi gini, Millens, mitigasi adalah pengetahuan soal langkah apa saja yang harus kamu lakukan jika bencana terjadi. Contohlah, jika banjir, kamu sudah tahu ke mana harus mengungsi. Nah, mengingat gempa sering datang tiba-tiba, kamu pun harus tahu mitigasi gempa bumi ini agar selamat. Yuk, simak deh.

1.       Jangan Panik

Guncangan gempa yang besar pasti bisa bikin panik siapa saja. Namun, sebaiknya kamu harus menghilangkan rasa panik itu sesegera mungkin. Fokuskan pikiranmu untuk segera melakukan aksi penyelamatan diri.

Sebagai contoh, kalau kamu di dalam bangunan, segera keluar ke tanah lapang atau di tempat di mana kamu nggak bakal berisiko tertimpa atau kejatuhan apapun. Kamu juga sebaiknya nggak sembarangan lari karena jika semua orang panik dan berlarian, hanya akan membuatmu terjatuh, terpeleset, dan akhirnya rentan jadi korban dari dampak gempa.

2.       Jangan Memakai Lift Jika Kamu di Gedung Bertingkat

Sesegera mungkin keluar bangunan dan pergi ke tanah lapang saat gempa. (Jeffrey D. Allred, Deseret News)
Sesegera mungkin keluar bangunan dan pergi ke tanah lapang saat gempa. (Jeffrey D. Allred, Deseret News)

Kalau gempa datang, jangan mencoba untuk turun dari lantai atas dengan lift. Jika sampai listrik padam, lift akan mati dan akhirnya kamu terjebak deh. Sebaiknya kamu memakai tangga kalau ingin turun dan keluar sesegera mungkin. Hanya, jika posisimu jauh di lantai atas, sebaiknya pikirkan cara lain agar selamat.

3.       Lindungi Kepala Kamu

Jika sudah nggak mungkin turun ke lantai bawah atau keluar gedung demi mencari tempat yang lapang, kamu harus segera mencari tempat yang bisa melindungi kepala kamu. Sebagai contoh, berlindunglah di bawah meja yang kuat sehingga jika sampai ada benda yang jatuh, nggak langsung menimpamu.

4.       Jika Sedang Berkendara, Sebaiknya Berhenti Deh

Kalau kamu sedang berkendara, apalagi jika kendaraanmu adalah sepeda motor, sebaiknya segera berhenti dan cari tempat yang lapang. Getaran gempa bisa membuatmu dengan mudah terjatuh. Kalau memakai kendaraan roda empat, bisa jadi kamu akan mengalami kecelakaan.

5.       Gunakan Prinsip 20:20:20

Salah satu kunci selamat dari gempa adalah dengan menggunakan prinsip 20:20:20. Kalau kamu tinggal di pinggir pantai atau wilayah yang rentan terkena tsunami, harus tahu prinsip ini. Jadi gini, Millens. Kalau sampai ada gempa yang kuat selama lebih dari 20 detik, kamu harus segera melakukan evakuasi dalam waktu 20 menit. Dalam waktu yang singkat itu, carilah tempat dengan ketinggian setidaknya lebih dari 20 meter di atas permukaan laut.

Sejauh ini sih, ya, cukup jarang tsunami dengan tinggi gelombang mencapai 20 meter. Jadi, prinsip itu dianggap cukup baik, deh.

Ada lagi nggak nih mitigasi gempa bumi yang sebaiknya semua orang tahu, Millens? (99/IB09/E05)