Hubungan antara Tes Minat Bakat dan Jurusan Kuliah Ini Sering Salah Dipahami

Hubungan antara Tes Minat Bakat dan Jurusan Kuliah Ini Sering Salah Dipahami
Ilustrasi galau menentukan jurusan kuliah. (Isigood)

Kerap kali para pelajar melakukan tes kepribadian dan tes bakat dengan tujuan menentukan jurusan kuliah yang cocok. Hal ini nggak salah kok tapi juga nggak sepenuhnya benar.

Inibaru.id – Menentukan jurusan kuliah memang nggak semudah memutuskan makan mi goreng atau mi rebus. Saking pentingnya, sejumlah orang sampai tes kepribadian dan minat bakat untuk mengetahui kecocokan dengan jurusan kuliah.

Hasil tes kepribadian dan minat bakat biasanya dilengkapi dengan rekomendasi jurusan/program studi kuliah serta karier yang sesuai. Nah, hasil itu kerap kali langsung ditelan mentah-mentah. Mereka akan mendaftar jurusan kuliah sesuai rekomendasi karena menganggap hasil itu adalah sebuah keharusan.

Inilah hal yang sering salah dipahami. Hasil tes kepribadian dan minat bakat itu semata-mata adalah rekomendasi, bukan keharusan. Rekomendasi tersebut ada baiknya didiskusikan kembali bersama orang tua, mentor, atau guru BK.

Miskonsepsi yang lain adalah adanya pihak yang menyimpulkan hasil tes kepribadian dan minat bakatnya salah atau nggak tepat. Ini biasanya terjadi pada orang yang menganggap rekomendasi jurusan nggak sesuai dengan renjananya.

“Miskonsepsi lainnya merasa hasil tidak akurat karena tidak sesuai dengan keinginan. Padahal, mungkin memang jurusan yang diinginkan kurang didukung oleh kemampuan, minat, atau gaya kerja yang dia miliki,” ujar psikolog Shanti Nurfianti Andin M.Psi dilansir laman Youthmanual (15/9/2017).

Selain kemampuan dan minatnya yang nggak mendukung, ada kemungkinan human error saat melakukan tes sehingga hasil rekomendasi kurang sesuai dengan renjana. Bisa jadi situasi dan kondisi sekitar tidak kondusif saat melakukan tes. Human error juga bisa terjadi kalau kamu nggak menjawab dengan apa adanya tapi ada apanya.

Biar hal ini nggak terjadi, sebelum melakukan tes kepribadian dan minat bakat, kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik. Pastikan tubuhmu fit dan fokus saat tes. Saat menjawab pertanyaan pun kamu harus jujur dan menghindari hal-hal yang dapat membuyarkan konsentrasi.

Oh iya, kamu juga perlu memperhatikan setiap petunjuk pengerjaan dan durasi waktu tes. Jangan sampai tesmu jadi kacau hanya karena kamu nggak teliti membaca soal. Jadi, sudah menentukan mau kuliah jurusan apa? (IB07/E04)