Mirip Kisah Nabi Yunus, Laki-laki Ini Ditelan Ikan Paus dan Selamat

Mirip Kisah Nabi Yunus, Laki-laki Ini Ditelan Ikan Paus dan Selamat
Michael Packard, pria yang ditelan ikan paus layaknya kisah Nabi Yunus. (news.sky.com)

Michael Packard mengalami nasib seperti Nabi Yunus, yakni ditelan ikan paus. Secara luar biasa, dia bisa selamat, lo. Seperti apa sih kisahnya?

Inibaru.id – Salah satu kisah nabi yang paling terkenal adalah Nabi Yunus. Nabi yang dikenal sangat penyabar ini bahkan sempat ditelan ikan paus. Namun ternyata, kisah ini juga terjadi di dunia modern, lo. Michael Packard berhasil selamat meski sempat ditelan ikan paus. Gimana kisahnya, ya?

Packard adalah laki-laki berusia 56 tahun yang berasal dari Provincetown, Massachusetts, Amerika Serikat. Profesinya adalah penyelam yang mencari lobster di lautan. Nah, di hari nahasnya itu, dia sedang mencari lobster di Pantai Herring Cove.

Sebenarnya, tempatnya menyelam nggak begitu dalam, yakni hanya sedikit lebih dalam dari 10 meter. Dia juga menyelam di pagi hari, tepatnya pada Jumat (11/6/2021) sekitar pukul 08.00 pagi. Saat sibuk dengan pencarian lobsternya, dia nggak sadar jika ada paus bungkuk yang sedang membuka mulut untuk mencari makan.

Sebenarnya sih, paus ini nggak berniat memakan Packard. Makanan paus berjenis baleen layaknya paus bungkuk, paus biru, hingga paus abu-abu ini sebenarnya adalah plankton, udang kecil, serta sejenis krill. Namun, mereka membuka mulutnya lebar-lebar dan menyaring air laut dengan baleen, semacam bulu sikat penyaring di mulutnya.

Sang paus sepertinya juga nggak sadar menelan Packard yang ukurannya jelas jauh lebih kecil dari ukurannya.

“Semuanya terlihat gelap. Saya bisa merasakan paus itu meremas dengan otot-otot di mulutnya,” terang Packard yang mengalami luka-luka dan sempat dirawat di rumah sakit.

Paus sperma berukuran besar secara anatomi mungkin bisa menelan manusia. (Flickr/

Bernard Spragg. NZ)
Paus sperma berukuran besar secara anatomi mungkin bisa menelan manusia. (Flickr/ Bernard Spragg. NZ)

Nah, Packard kemudian mulai menyadari jika di dalam mulut paus itu nggak ada gigi. Dia juga nggak benar-benar ditelan masuk hingga ke pencernaan. Sekitar 40 detik usai ditelan, paus itu kemudian memuntahkannya karena merasa nggak nyaman. Dia pun langsung ditolong rekannya yang ada di perahu, Josiah Mayo.

Paus Nggak Bisa Makan Manusia

Sebenarnya sih, ya, meski ukuran paus sangatlah besar, para pakar hewan menyebut paus nggak bisa makan manusia. Hal ini diungkap oleh Nicola Hodgins dari Whale and Dolphin Conversation Inggris.

Penyebabnya? Ya ukuran tenggorokan paus yang nggak besar-besar amat. Diameternya paling besar hanyalah 1 meter. Kebanyakan ukurannya nggak lebih dari kepalan tangan manusia.

Meski begitu, ada lo satu jenis paus yang secara anatomi bisa menelan manusia, yakni paus sperma. Ukuran kerongkongannya memang cukup besar. Nah, paus ini juga bisa menelan cumi-cumi raksasa utuh dengan panjang lebih dari 5 meter!

Untungnya sih, pertemuan langsung antara paus sperma dengan manusia jarang terjadi. Paling yang melihatnya adalah para peneliti atau para perekam dokumentasi alam, Millens. Selain itu, paus juga bukan hewan yang agresif atau memburu manusia.

Kalau, kamu, bakal panik nggak kalau sampai ditelan paus, Millens? (Nat,Sin/IB09/E05)