Tumpahan Minyak Akibatkan Ratusan Kapal Nelayan Tidak Bisa Melaut

Tumpahnya minyak Pertamina di Teluk Balikpapan mengganggu nelayan di sekitarnya. Hal ini karena kondisi kapal nelayan terkena tumpahan minyak sehingga nggak bisa melaut.

Tumpahan Minyak Akibatkan Ratusan Kapal Nelayan Tidak Bisa Melaut
Tumpahan minyak di Balikpapan membuat nelayan nggak bisa melaut. (Cnbcindonesia.com)

Inibaru.id – Sebanyak 162 kapal nelayan di Teluk Balikpapan nggak bisa melaut sejak Senin (2/4/2018) lalu. Ini merupakan dampak dari minyak Pertamina yang tumpah di Teluk Balikpapan. Kendati stok ikan masih aman, hal ini menyebabkan ratusan nelayan menganggur.

Tumpahan minyak itu mengakibatkan kapal para nelayan nggak bisa dipakai. Sejumlah alat tangkap dan keramba pun kotor karena terkena minyak sehingga harus dibersihkan dulu sebelum dipakai melaut.

Nelayan yang terdampak tumpahan minyak itu mayoritas berasal dari Balikpapan Barat. Jumlah terbanyak berasal dari Kampung Baru dan sebagian lainnya dari Pasar Baru serta Markoni. Kendati mayoritas nelayan yang terdampak berasal dari Balikpapan Barat, nelayan di Balikpapan Timur pun berpotensi ikut terkena imbas.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Balikpapan Yosmianto. Dia khawatir tumpahan minyak itu bakal menyebar ke wilayah perairan Manggar, Balikpapan Timur, bila nggak segera dibersihkan.

“Produksi ikan di Balikpapan Barat nggak terlalu banyak. Kami khawatir tumpahan minyak itu menyebar sampai ke timur karena di sana juga ada banyak nelayan. Selain itu di wilayah timur juga terdapat budidaya rumput laut.” jelas Yosmianto seperti ditulis Okezone.com, Selasa (3/4).

Selain mengakibatkan para nelayan gagal melaut, tumpahan minyak juga berdampak pada kesehatan warga sekitar. Selang beberapa hari setelah ada tumpahan minya, salah seorang nelayan di Karingau Soleh nyaris mengalami kebutaan sebab terkena percikan minyak saat sedang menjala ikan. Soleh juga mengaku kerap merasakan pusing dan kaku di kepala bagian belakang. Selain Soleh, ada pula Udin yang mengalami sesak napas, pusing, dan mual karena menghirup bau minyak.

Minyak milik Pertamina diketahui tumpah di Teluk Balikpapan pada Sabtu (31/3) siang. Tumpahan minyak itu mengakibatkan sebuah kapal kargo terbakar dan dua orang meninggal.

Semoga tumpahan minyak itu segera bersih ya, Millens. Kalau seperti ini kan kasihan nelayan. (AS/IF)