Minum Kopi saat Sakit, Boleh Nggak Sih?

Minum Kopi saat Sakit, Boleh Nggak Sih?
Jangan konsumsi kopi saat sakit. (iStockphoto)

Kopi menjadi minuman sejuta umat yang digemari masyarakat Indonesia. Walaupun rasanya pahit, kopi memiliki banyak kandungan sehat. Hanya, bolehkah minum kopi ketika kamu tengah sakit?

Inibaru.id – Nggak hanya nikmat, kopi juga baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya nutrisi seperti vitamin B2, B3, B5, antioksidan, dan mineral seperti natrium, kalium, mangan, dan magnesium.

Mengkonsumsi kopi pada waktu yang tepat bisa menambah konsentrasi dan stamina tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya kafein yang bisa menghilangkan rasa kantuk dan semangat. Hanya, apakah minuman ini juga masih bisa dikonsumsi saat sedang sakit? Berikut adalah penjelasannya.

Kopi Bisa Bereaksi dengan Obat

Bicarakan dengan dokter jika hendak mengkonsumsi kopi ketika minum obat. (Ottencoffee)
Bicarakan dengan dokter jika hendak mengkonsumsi kopi ketika minum obat. (Ottencoffee)

Jika kamu sakit dan harus minum obat, pakar kesehatan ternyata menyarankan konsumsi kopi dihentikan untuk sementara. Hal ini disebabkan kandungan kopi yang bisa bereaksi dengan obat-obatan tertentu.

Sebagai contoh, kafein dapat memperkuat efek obat stimulan seperti pada pseudoephedrine untuk mengatasi pilek atau flu. Selain itu, beberapa jenis obat lain justru nggak berfungsi jika sudah terpapar kandungan kopi. Hal ini tentu bisa membuat penyakit nggak segera sembuh.

Kopi Bisa Sebabkan Iritasi Lambung

Hati-hati kopi bisa sebabkan maag tambah parah. (Shutterstock)<br>
Hati-hati kopi bisa sebabkan maag tambah parah. (Shutterstock)

Meski pahit, ternyata kopi bersifat asam lo. Bagi sebagian orang, hal ini bisa menyebabkan iritasi lambung, terlebih bagi orang yang sebelumnya sudah mengidap maag. Penelitian menunjukkan, 80 persen penderita maag mengalami sakit perut dan gejala-gejala lain setelah minum kopi. Buat kamu yang menderita maag, hindari minum kopi atau setidaknya pilihlah kopi dengan kandungan asam yang sedikit.

Kopi Bisa Menyebabkan Dehidrasi

Meski menyegarkan, kopi bisa sebabkan dehidrasi. (Curiosity)<br>
Meski menyegarkan, kopi bisa sebabkan dehidrasi. (Curiosity)

Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek diuretik. Ini mengakibatkan keluarnya cairan yang berlebihan dari dalam tubuh melalui urin atau feses. Jika kamu banyak mengkonsumsi kopi, risiko terkena dehidrasi akan meningkat. Padahal, saat sakit kamu harus menghindari dehidrasi agar gejalanya nggak semakin parah.

Alih-alih tetap minum kopi yang bisa saja menyebabkan efek samping seperti muntah dan diare, lebih baik minum jus atau air putih yang lebih sehat sehingga bisa membuat kita lebih cepat sembuh.

So, lebih bijak lagi ya, Millens. Jika memang sakit, jangan memaksakan diri untuk minum kopi. Jika sudah sembuh, pasti bisa menikmatinya lagi, kok. (Det/MG26/E07)