Minimarket Tanpa Kasir Resmi Beroperasi

Tanpa kasir, minimarket Amazon Go menawarkan konsep berbelanja baru yang bebas antrean dan tanpa perlu checkout. Wah, gimana proses pembayarannya?

Minimarket Tanpa Kasir Resmi Beroperasi
Amazon Go. (Bloomberg.com)

Inibaru.id – Berapa lama waktu yang Sobat Millens perlukan untuk mengantre di kasir minimarket? Yap, waktu kita acap kali habis lantaran kita harus menunggu antrean, terlebih saat minimarket dalam keadaan ramai. Nah, bagaimana jika ada yang menawarkan konsep minimarket tanpa kasir? Hm, tentu bakal tertarik!

Inilah yang tengah dipikirkan Amazon. Ide liar itu kemudian dituangkan dalam bentuk minimarket bertajuk Amazon Go. Setelah dibangun selama lima tahun terakhir, minimarket itu resmi berioperasi pada Senin (22/1/2018) waktu setempat atau Selasa (23/1) dini hari WIB. 

Seperti ditulis Kompas.com, minimarket tersebut berlokasi ground floor kantor pusat Amazon, yang beralamat di Seventh Avenue, Seattle, AS. Pembukaan minimarket kelas high-end ini rupanya terhitung terlambat hingga setahun lantaran rencana awal pembangunan ditargetkan kelar awal 2017 lalu. 

Baca juga:
Pulau Indonesia Dijual via Daring, KKP Bertindak
Pemkab Klaten Siapkan Strategi Basmi Tawon dengan OTT

Lantas, bagaimana cara kerjanya? Sebelum berbelanja di Amazon Go, pembeli terlebih dulu perlu memindai ponsel yang memiliki aplikasi Amazon Go. Proses pemindaian hanya berlangsung selama beberapa detik. Lalu, pembeli tinggal mengambil barang yang diperlukan dan langsung pergi.

Dari Obrolan 

Amazon Go tercipta berkat obrolan para pekerja Amazon yang memikirkan konsep untuk meningkatkan rasa nyaman dalam berbelanja. Nah, dari situlah ide tersebut dikembangkan, hingga tercipta minimarket yang didominasi unsur kayu dan pencahayaan kekuningan ini.

“Kami selalu balik lagi ke pemikiran bahwa orang-orang tak suka menunggu antrean,” ujar Dilip Kumar, Chief Technology Officer Amazon Go, .

Kini, nggak ada lagi antrean di minimarket kepunyaan Amazon tersebut. Setiap pembayaran dilakukan secara digital dnegan pemotongan saldo yang tersemat di dalam aplikasi tersebut. Proses itupun otomatis terjadi tanpa perlu proses checkout. Ini berbeda dengan berbelanja via daring. 

Baca juga:
Langka, Morris Minor "Si Doel" Dibanderol 500 juta
Mahasiswa Geologi Undip Akhirnya Ditemukan

Sistem tersebut dimungkinkan berkat kecanggihan aplikasi Amazon Go yang mampu merekam semua barang yang diambil pembeli secara otomatis. Ini didukung dengan teknologi yang memadukan kamera di sudut-sudut ruangan, sensor pada rak-rak barang, dan data hasil pemindaian.

Teknologi memang selalu mengejutkan ya, Millens. Langkah maju dari Amazon ini tentu menjadi sumbangsih berharga bagi perkembangan teknologi mutakhir dunia. What's next? (AYU/GIL)