Minder di Tempat Fitnes: Sebab dan Cara Mengatasi!  

Minder di Tempat Fitnes: Sebab dan Cara Mengatasi!  
Ilustrasi: Minder di tempat fitnes acap muncul karena melihat anggota lain yang bertubuh lebih oke. (Lifehack)

Sebagai pemula, perasaan minder di tempat fitnes acap terjadi. Apa penyebabnya dan gimana cara mengatasinya?

Inibaru.id – Tantangan nge-gym terberat yang umumnya dihadapi seorang pemula adalah konsistensi. Selain karena kurang disiplin atau malas, inkonsistensi dalam berolahraga di pusat kebugaran acap dipicu oleh perasaan minder.

Sebagai pemula, rasa minder berada di pusat kebugaran bukanlah hal yang aneh. Di kalangan anggota tempat fitness, perasaan ini disebut gym intimidation. Ahli kesehatan dari Nautilus John Fread mengatakan, gym intimidation adalah perasaan tertekan yang muncul saat berada di pusat kebugaran.

Menurut dia, salah satu penyebabnya adalah kecenderungan para anggota gym untuk membanding-bandingkan bentuknya dengan tubuh anggota lain yang sudah lebih oke karena sudah dibentuk di tempat itu dalam waktu yang cukup lama.

“Di gym, terutama untuk yang belum pernah bergabung sebelumnya, adalah hal yang berat. Tubuhmu akan dibanding-bandingkan, baik laki-laki maupun perempuan,” ungkap Fread, dikutip dari MSN.

Lantas, gimana cara mengatasinya? Simaklah tips berikut ini!

Tips Mengatasi Rasa Minder di Tempat Fitnes

Ilustrasi: Perasaan terintimidasi kadang muncul begitu melihat cermin besar di seluruh ruangan fitnes. (Bestusedgymequipment) 
Ilustrasi: Perasaan terintimidasi kadang muncul begitu melihat cermin besar di seluruh ruangan fitnes. (Bestusedgymequipment) 

Nggak harus dilihat dengan tatapan meremehkan untuk membuat kita merasa minder saat berada di pusat kebugaran. Cermin-cermin besar, deretan barbel, serta alat-alat fitness yang umumnya didominasi warna hitam, telah lebih dari cukup untuk membuat kita merasa terintimidasi.

Belum lagi, nggak jarang kita merasa iri dengan tubuh para anggota lain yang tampak sempurna, lengkap dengan bodi langsing berisi dan otot kencang terpampang. Kita jadi canggung, sehingga nge-gym pun jadi nggak lagi menyenangkan. Untuk mengenyahkan rasa minder, cobalah beberapa tips ini!

1. Pilihlah tempat fitness yang sesuai

Penulis buku Amerika Serikat Walter Meyer mengatakan, sebaiknya kita memilih tempat fitness yang sesuai dengan kebutuhan. Menurut lelaki yang juga mengaku pernah merasa minder saat awal-awal nge-gym itu, ada klub fitnes untuk kebugaran, tapi ada yang fokus ke binaraga (body building).

Maka, sesuaikanlah kebutuhanmu. Untuk tahap awal, jadilah anggota pada pusat fitnes yang fokus pada kebugaran. Meski perasaan canggung dan minder tetap nggak bisa dihilangkan begitu saja, minimal kamu nggak merasa terintimidasi oleh tubuh anggota lain yang jauh lebih bagus.

2. Semua orang pernah merasakan yang kamu alami

Hal yang perlu kamu ingat ketika rasa minder mulai merasuki pikiranmu adalah bahwa semua orang pernah merasakan apa yang kamu alami. Seperti kamu, mereka juga pernah merasa terintimidasi dan canggung untuk memilih alat fitnes yang kamu inginkan di pusat kebugaran.

Hal tersebut memang nggak mengubah apa pun. Namun, cara berpikir seperti itu dijamin bakal membuat kamu lebih percaya diri. Kalau mereka pernah berada di titik yang sama denganmu, kamu pun suatu saat akan berada di titik yang sama dengan mereka.

3. Carilah teman

Nge-gym paling enak dan nggak bikin malas kalau dilakukan bersama-sama. Maka, carilah teman yang punya motivasi sama untuk masuk klub kebugaan bareng. Cara ini bakal efektif menghilangkan perasaan minder. Selain itu, kamu juga dijamin bakal lebih termotivasi.

Namun, kalau kamu nggak punya teman sevisi yang bisa diajak nge-gym, cobalah mulai menjalin pertemanan dengan anggota klub kebugaran lain. Bersikaplah ramah dengan menyapa atau bertanya cara penggunaan sebuah alat kebugaran untuk memulai pertemanan.

4. Fokuslah pada diri sendiri

Rumput tetangga selalu jauh lebih hijau. Maka, cobalah fokus pada diri sendiri alih-alih selalu memperhatikan apa yang dimiliki orang lain. Kalau kamu nggak suka dibanding-bandingkan, jangan membandingkan dirimu dengan orang lain!

Nggak jarang perasaan iri semacam ini yang justru bikin kamu canggung atau minder, lo. Karena itu, berusahalah selalu berpikir positif dan memusatkan perhatian pada dirimu sendiri, termasuk menerapkan target yang pengin kamu capai dengan nge-gym.

Kalau kamu pengin merasa lebih bugar dengan nge-gym, lakukanlah dengan sepenuh hati dan enyahkanlah perasaan minder yang justru akan menghambatmu. Bisa, yuk! (Siti Khatijah/E07)