Mimpi Lama yang Terwujud, Warga Blora Kini Punya Bandara Ngloram

Mimpi Lama yang Terwujud, Warga Blora Kini Punya Bandara Ngloram
Presiden Jokowi saat meresmikan Bandara Ngloram Blora. (Istimewa)

Bandara Ngloram di Blora yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (17/12) lalu, disebut-sebut sebagai mimpi lama sejak tahun 1971 yang terwujud. 

Inibaru.id – Warga Blora Jawa Tengah boleh jadi kali ini merasa bangga. Pasalnya, bandara yang telah ditunggu-tunggu selama kurang lebih 50 tahun akhirnya rampung. Bandara Ngloram ini telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (17/12/2021) kemarin. 

Dalam peresmian itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang juga hadir menyebut rencana pembangunan bandara di Kabupaten Blora ini sudah ada sejak tahun 1970-an, lo.

“Alhamdulillah Ngloram yang sudah jadi mimpi sejak tahun 71, hari ini diresmikan oleh presiden,” ungkap Ganjar.

Peresmian Bandara Ngloram Blora dilakukan dengan cukup unik, Millens. Presiden Jokowi mendarat ke bandara ini dengan memakai pesawat ATR 72-600. Begitu tiba, dia langsung melakukan cara peresmian dan berada di sana sekitar satu jam. Sempat mampir di Pasar Mulyorejo, Cepu, Jokowi langsung bertolak ke Ngawi, Jawa Timur.

Omong-omong ya, Millens, Bandara Ngloram ini lokasinya ada di Kecamatan Cepu, Blora. Sebenarnya sih, ya, Bandara ini dimiliki PT Pertamina (Persero) sejak 1984 lalu. Namun, Kemenhub kemudian memutuskan untuk mengembangkannya sejak 2018. Dana yang dipakai untuk proyek ini mencapai Rp 132 miliar.

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Bandara Ngloram Blora. (Istimewa)
Presiden Jokowi didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Bandara Ngloram Blora. (Istimewa)

Kalau menurut Presiden Jokowi, Bandara Ngloram diharapkan bisa meningkatkan ekonomi lintas daerah dan provinsi. Maklum, lokasinya ada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jadi, nggak hanya Kabupaten Blora yang mendapatkan manfaatnya, melainkan juga Kabupaten Bojonegoro, Tuban, atau bahkan Ngawi.

Sejauh ini, sudah adanya penerbangan dua kali dalam sepekan di bandara tersebut. Kalau bisa jadi semakin ramai, runway bandara yang kini masih 1.500 meter rencananya bisa diperpanjang jadi 2.000 meter.

“Kita harapkan aktivitas ekonomi jadi semakin baik, investasi akan masuk ke Cepu, Bojonegoro, semakin banyak, distribusi barang ke daerah juga akan semakin meningkat,” pungkas Jokowi.

Wah, selamat ya, Warga Blora. Sudah punya bandara. Kamu ikut senang nggak, Millens? (IB09/E05)