Millens, Setop Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain

<em>Millens</em>, Setop Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain
Setop bandingkan dirimu dengan orang lain. (Shutterstock)

Hal negatif yang sering dilakukan seseorang adalah sering membandingkan diri dengan orang lain. Sikap itu nggak boleh dibiarkan berlarut-larut.

Inibaru.id – Membandingkan diri dengan orang lain seolah menjadi kebiasaan setiap orang. Padahal, sikap itu berpengaruh negatif bagi kesehatan mental seseorang, lo. Terus-terusan membandingkan diri dengan orang lain dapat merusak kepercayaan dan martabat diri sendiri, Millens.

Sikap itu mesti segera dihentikan. Cara-cara ini bisa kamu lakukan untuk menghilangkan sikap membandingkan diri dengan orang lain.

Sadari dan Hindari Pemicunya

Langkah pertama untuk berhenti membandingkan diri dengan orang lain adalah perhatikan hal-hal yang membuatmu mulai membandingkan diri dengan orang lain. Buat daftar nama dan apa yang sering membuatmu iri, kemudian tuliskan hal yang memengaruhimu secara negatif.

Setelah membuatnya, hindari hal-hal pemicu tersebut. Salah satu contohnya jika kamu lebih sering membandingkan diri dengan orang lain melalui sosial media, maka kamu harus membatasi penggunaan media sosial dengan cara mengatur jadwal bermain media sosial. Ganti kegiatan scrolling Instagram dengan kegiatan yang lebih bermanfaat, seperti berolahraga.

Baca juga:
Generasi Milenial Dianggap Paling Kesepian, Kenapa?
Mood Berantakan? Atasi dengan Cara Ini


Jangan Hanya Melihat “Sisi Luar” Seseorang

Langkah kedua untuk berhenti membandingkan diri dengan orang lain adalah dengan nggak melihat seseorang dari luarnya saja. Nggak dimungkiri di awal pasti yang dilihat dari seseorang adalah sisi luarnya. Namun, hal tersebut nggak bisa menjadi patokan untuk menilai orang tersebut karena yang terlihat belum tentu sesuai dengan aslinya.

Terlebih, kamu hanya melihat kehidupan orang lain melalui media sosial, tentu saja semua orang akan lebih sering membagikan kehidupan yang bahagia atau enak untuk dilihat. Jadi hal tersebut nggak menjadi patokan buatmu untuk menjadi iri.

Uang Nggak Dapat Membeli Kebahagiaan

Terkadang, kekayaan seseorang menjadi hal utama untuk membandingkan diri dengan orang lain. Padahal, belum tentu kekayaan yang dimiliki orang itu benar-benar membuatnya bahagia.

Jika kamu berkomitmen untuk selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki, kamu akan jauh dari sifat iri dan suka membandingkan diri dengan orang lain.

Gunakan Perbandingan Sebagai Motivasi

Perbedaan antara dirimu dan orang lain jangan dijadikan pembanding untuk terus merutuki diri. Jadikan perbedaan itu menjadi motivasi untuk berbuat lebih baik lagi. Salah satu contohnya jika ada perempuan baik yang membuat perbedaan atau perubahan di sekitarnya, jadikanlah dia sebagai inspirasimu untuk selalu melakukan kebaikan dalam hidup.

So, jangan bandingkan dirimu dengan orang lain ya, Millens. Belum tentu orang yang hidupnya kamu idamkan itu lebih baik darimu. (IB24/E04)