Midnight Sun di Skandinavia, Matahari yang Tak Tenggelam Kendati Sudah Tengah Malam

Midnight Sun di Skandinavia, Matahari yang Tak Tenggelam Kendati Sudah Tengah Malam
Midnight sun di North Cape, Norwegia. (Kesarimedialibrary)

Midnight sun biasa digunakan orang Skandinavia untuk beraktivitas di luar rumah sepanjang hari lantaran sinar matahari tak tenggelam kendati sudah tengah malam.

Inibaru.id - Sebagai warga sekitar ekuator, siang-malam yang ditandai terbit dan tenggelamnya matahari jadi sebuah keniscayaan. Ini berbeda kalau kamu tinggal di sekitar Skandinavia. Saat ini, kamu akan menikmati mentari sepanjang hari di sana, yang nggak tenggelam kendati sudah tengah malam. 

Fenomena itu kerap disebut midnight sun atau matahari tengah malam. Peristiwa tak tenggelamnya matahari ini hanya terjadi pada musim panas di Skandinavia. Hampir sebagian besar negara-negara tersebut tetap disinari matahari, bahkan pada tengah malam.

Midnight sun di Lapland, Finlandia. (Pinterest)
Midnight sun di Lapland, Finlandia. (Pinterest)

Kenapa demikian? Saat ini, posisi matahari berada sedikit di atas belahan bumi sehingga beberapa negara di bagian utara mendapatkan waktu siang yang lebih lama ketimbang negara lain. Nah, midnight sun biasanya berlangsung selama lebih dari dua bulan antara Mei hingga Agustus.

Selama waktu tersebut, sang surya bakal terlihat berwarna kuning kemerahan pada malam hari, nggak jauh berbeda dengan saat matahari terbit atau terbenam.

Terang dan Hangat

Orang Finlandia menjadikan midnight sun sebagai waktu yang tepat untuk beraktivitas. Sebagai negara yang berhawa sangat dingin, musim panas begitu mereka hargai. Dalam banyak literatur, mereka menggambarkannya bermandikan cahaya terang dan hangat.

Midnight sun di Lapland, Finlandia. (Twitter/Onlyinlapland)
Midnight sun di Lapland, Finlandia. (Twitter/Onlyinlapland)

Biasanya, aktivitas wajib yang mereka lakukan saat midnight sun adalah berenang pada malam hari dan mendirikan pondok atau vila di tepi danau untuk menikmati fenomena ini.

Andai nggak sedang ada pandemi corona, kamu mungkin bisa menikmati matahati tak tenggelam di Finlandia dengan mengunjungi Finnish Lapland. Di sana, kamu bisa menyaksikan Festival Film Midnight Sun yang didirikan oleh sutradara terkenal Aki Olavi Kaurismäki.

Selain Finlandia, negara lain di Skandinavia yang bisa kamu kunjungi, di antaranya Norwegia, Islandia, dan Swedia. Kamu juga bisa berkunjung ke Kanada. Hm, begitu indah midnight sun di sana, Millens!

Berendam di tengah malam saat midnight sun di Lagoon Island, Islandia, menarik juga! (Icelandnaturally)
Berendam di tengah malam saat midnight sun di Lagoon Island, Islandia, menarik juga! (Icelandnaturally)

Oya, Norwegia yang memiliki julukan "Land of Midnight Sun" mungkin bisa menjadi pilihan tepat untuk menikmati midnight sun. Di sana, musim panas berlangsung berbulan-bulan, mulai akhir Mei hingga akhir Juli, dan matahari tak pernah tenggelam sepenuhnya kendati sudah tengah malam.

Kalau punya kesempatan, kamu pengin menikmati midnight sun dengan berkunjung ke mana, nih? (IB24/E03)