Micin (Nggak) Bikin Bodoh?

Selama ini mungkin kamu mendengar isu kalau micin bisa membuat bodoh. Apakah isu itu benar? Berikut penjelasannya.

Micin (Nggak) Bikin Bodoh?
Agustina Anggraeni, ahli gizi RSI Sultan Agung Semarang sedang menjelaskan kegunaan micin. (Inibaru/Luthfi)

Inibaru.id – Micin atau vetsin tampaknya selalu menjadi sorotan masyarakat Indonesia. Isu seputar bahan yang ditemukan Ikeda Kikunae itu pun berkembang seiring dengan adanya pihak yang pro dan kontra. Salah satunya isu micin yang dapat menghambat kecerdasan otak. Apakah benar begitu Millens?

Menanggapi isu tersebut, ahli gizi RSI Sultan Agung Semarang Agustina Anggraeni mengaku nggak sependapat. Ini karena belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut.

Baca juga:
Micin? Apa sih manfaatnya?
Fakta di Balik Lezatnya Micin

“Hingga sekarang belum ada penelitian yang menyebutkan micin atau Monosodium glutamat (MSG) menghambat kecerdasan otak,” ungkap lulusan UGM itu.

Dia justru memberikan fakta lain. Reni, panggilan akrabnya, mengungkapkan, MSG atau micin berfungsi untuk memperlancar kerja otak. Ini karena kandungan asam glutamat yang bertindak sebagai neurotransmitter, yakni pembawa sinyal antarneuron di otak. Bila sinyal antarneuron lancar, kerja otak pun juga prima.

Kendati demikian, kamu juga harus memperhatikan kadarnya ya, Millens. Menurut Reni, kadar ideal mengonsumsi MSG sebesar 3 mg/kg berat badan per hari. Maksudnya, bila kamu berbobot 50 kg, berarti batas amanmu mengonsumsi MSG hanya 1,5 gr per hari. Kalau kamu menggunakan MSG lebih dari itu, tentu bakal ada efek sampingnya.

Baca juga:
Dear, Generasi Micin…
T-Rex, Robot Asli Indonesia

Ya, memang semua yang berlebihan itu nggak baik ya, Millens. Namun, bukan pula berarti kamu harus menghindarinya sama sekali ya. (IF/GIL)