Micin? Apa sih manfaatnya?

Micin barangkali akrab dengan keseharianmu ya, Millens. Makanan yang kamu santap saban hari mungkin saja mengandung micin. Isu seputar micin juga sudah merebak, tapi apakah benar seperti itu?


Inibaru.id - Indonesia sangat kaya dengan rempah-rempah. Bahan rempah itu kemudian dijadikan bumbu masakan. Namun, ada lagi satu bumbu masak yang mungkin nggak pernah ketinggalan: Micin.

Micin atau vetsin mempunyai nama ilmiah Monosodium glutamat (MSG). Penggunaan micin pada masakan memang dapat menguatkan rasa masakan. Kendati demikian, banyak isu miring mengenai micin yang digunakan masyarakat.

Isu yang santer terdengar yakni micin dapat membuat bodoh. Namun, fakta lain diungkapkan ahli gizi RSI Sultan Agung Semarang, Agustina Anggraeni. Dia mengungkapkan micin justru berperan terhadap kelancaran kinerja otak. Micin juga dapat digunakan sebagai pengganti garam bagi para penderita hipertensi. Hal itu lantaran kandungan natrium pada micin lebih rendah daripada garam dapur. Jadi, penggunaan micin itu bermanfaat asalkan dengan takaran yang tepat pula. (IF)