Mewabah di Tiongkok, Kenali Gejala Infeksi Virus Corona

Mewabah di Tiongkok, Kenali Gejala Infeksi Virus Corona
Virus Corona di Tiongkok. (AP Photo/Eugene Hoshiko)

Penelitian terbaru yang dilakukan Otoritas Kesehatan Tiongkok memastikan virus corona bisa menular antar manusia. Virus ini sudah ditemukan di Wuhan, Shanghai, Beijing, dan negara lain seperti Thailand, Jepang, dan Korea Selatan.

Inibaru.id - Otoritas Kesehatan Tiongkok pada Senin (20/1/20) menyebut virus corona baru yang mewabah di negara tersebut dalam beberapa minggu terakhir bisa menular antar manusia. Hal ini memicu kekhawatiran baru mengingat dalam waktu dekat Tiongkok akan merayakan Tahun Baru Imlek yang memungkinkan jutaan orang bepergian dan berkumpul di berbagai sarana transportasi umum.

VOA Indonesia, Selasa (21/1) menulis, virus yang bisa memicu pneumonia ini sudah menyerang 136 penderita baru. Nggak hanya di Wuhan, kota asal dari wabah virus ini, para korban sudah ditemukan di kota lain seperti Shanghai dan Beijing. Total, jumlah penderita penyakit ini sudah melebihi 200 orang. Tiga orang dikabarkan meninggal dunia.

Di Korea Selatan, seorang wanita berusia 35 tahun yang terbang dari Wuhan ke Incheon sudah dipastikan positif mengidap infeksi virus corona. Thailand dan Jepang juga sudah melaporkan kasus yang sama.

Negara-negara lain yang sering mengalami perpindahan manusia dari dan ke Tiongkok seperti Indonesia mulai melakukan antisipasi. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah meningkatkan pemeriksaan kesehatan di bandara dan pelabuhan, khususnya bagi para penumpang yang berasal dari Tiongkok. Mereka diminta untuk melewati alat pemindai suhu tubuh dan diberi kartu peringatan waspada kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan penumpang juga sudah dilakukan di Thailand, Jepang, Korea Selatan, Singapura, dan beberapa bandara di Amerika Serikat seperti di San Fransisco, New York, dan Amerika Serikat.

Gejala Infeksi Virus Corona

Virus korona termasuk dalam golongan virus yang bisa menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan yang cukup parah. Gejala dari masalah kesehatan ini adalah pilek, batuk, sakit kepala, demam tinggi, sesak napas, tubuh kedinginan, dan sensasi nyeri pada sekujur badan. Gejala ini mirip dengan flu biasa sehingga banyak orang yang tak segera memeriksa kondisi kesehatannya.

Yang mengerikan dari infeksi virus ini yaitu dapat memicu pneumonia yang berpotensi mematikan. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga gaya hidup seperti rajin mencuci tangan dengan sabun dan memakai masker saat berada di luar ruangan, khususnya di keramaian demi mencegahnya.

Semoga saja kasus infeksi virus corona ini nggak sampai ke Indonesia, ya Millens! (IB09/E06)

Baca juga: Bertamu ke Rumah Kuno Belanda, Disuguhi Beragam Cerita