Mewabah di Depok, Begini 5 Cara Mencegah Penularan Hepatitis A

Mewabah di Depok, Begini 5 Cara Mencegah Penularan Hepatitis A
Pasien hepatitis A di Depok. (Kompas)

Berdasarkan data yang dirilis oleh Kemenkes RI, ada 262 kasus hepatitis A yang muncul di Depok, Jawa Barat. Meski dapat menular, kamu tetap bisa menghindari penularannya lewat beberapa cara berikut ini kok.

Inibaru.id – Warga, Depok, Jawa Barat, dilanda kecemasan terkait dengan wabah hepatitis A di wilayah tersebut. Berdasarkan data yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) pada Rabu (3/12/19), tercatat ada 262 kasus hepatitis A di wilayah tersebut.

CNN Indonesia, Kamis (5/12) menulis, sebagian besar pasien hepatitis A berasal dari SMP N 20 Depok, masyarakat sekitar sekolah dan Pesantren yng berada di lokasi yang sama. Sebagian besar penularan hepatitis A  disebabkan oleh makanan atau minuman yang sudah tercemar virus hepatitis A serta kebiasaan malas mencuci tangan.

Eits, nggak perlu khawatirr. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan demi mencegah penularan hepatitis A.

Mencuci Tangan Hingga Bersih

Mencuci tangan. (Halodoc)

Salah satu pemicu utama dari penularan hepatitis A adalah malas mencuci tangan hingga bersih. Pastikan kamu mencuci tangan sebelum makan, setelah memakai toilet, memegang benda yang dipegang banyak orang sebelumnya, atau menyentuh tangan orang lain.

Cuci lah tanganmu dengan cara menggosoknya setidaknya 20 detik. Setelahnya, keringkan tangan dengan tisu sekali. Hindari mengeringkan tangan dengan handuk atau lap yang dipakai banyak orang.

Cermat Memilih Makanan

Memilih makanan. (akurat.co)

Jika bahan makanan atau minuman sudah tercemar dengan virus hepatitis A, maka risiko untuk tertular penyakit ini akan meningkat. Tak hanya bahan makanan atau pengolahan makanan yang tidak higienis, tempat menjajakan makanan yang tidak bersih atau rentan terpapar kotoran dan debu juga bisa memicu hal yang sama.

Hindari Saling Berbagi Peralatan Makan

Alat makan. (jakartanotebook.com)

Jika ada anggota keluarga yang tertular hepatitis A, sebaiknya hindari berbagi peralatan makanan seperti sendok, garpu, piring, gelas, sedotan, dan lain-lain demi mencegah penularannya. Kamu bisa memisahkan alat makan penderita hepatitis A dan anggota keluarga yang sehat untuk menghindari penularannya.

Melakukan Vaksinasi

Vaksin. (gatra)

Vaksin hepatitis bisa didapatkan dua kali setahun atau setiap enam bulan demi mencegah datangnya penyakit ini selama 20 tahun. Meski kita sudah mendapatkannya saat bayi atau balita, kamu bisa melakukan vaksinasi ulang demi memberikan perlindungan lebih kuat dari penyakit tersebut.

Tidak Sembarangan Berhubungan Intim

Puasa hubungan intim. (wolipop.detik)

Jika pasangan sudah dipastikan mengidap hepatitis A, ada baiknya kamu puasa berhubungan intim terlebih dahulu demi mencegah penularannya. Meski sudah memakai kondom, tetap saja penularan penyakit ini bisa terjadi.

Pastikan untuk melakukan berbagai hal tersebut agar nggak tertular hepatitis A, ya Millens! (IB09/E06)