Selain Bakar Kalori Lebih Banyak, Metode HIIT juga Punya Manfaat Tersembunyi

Selain Bakar Kalori Lebih Banyak, Metode HIIT juga Punya Manfaat Tersembunyi
Metode HIIT dapat diterapkan dalam olahraga lari. (Instagram/ andreadianbimo)

Selain membakar kalori dengan lebih maksimal, olahraga dengan metode High Intensity Interval Training (HIIT) ini juga punya banyak khasiat. Yuk, simak ulasan berikut.

Inibaru.id – Sobat Millens sudah mengenal metode High Intensity Interval Training (HIIT)? Metode olahraga yang satu itu belakangan tengah populer dan diminati banyak orang, lo. Berolahraga dengan metode HIIT dipercaya dapat membakar kalori lebih banyak dibanding olahraga biasanya.

Ini karena metode HIIT melibatkan banyak otot dalam tubuh secara bersamaan. Nggak heran kalau latihan dengan metode ini akan menguras energimu lebih banyak. Kamu membutuhkan waktu lebih banyak pula untuk pemulihan.

Selepas olahraga pun, kalorimu juga terus terbakar, Millens. Hal ini dikenal dengan efek afterburn. Bila afterburn kardio biasa terjadi hingga 38 jam, melalui metode HIIT, efek afterburn bisa berlangsung hingga 48 jam. Perbedaannya cukup signifikan, to?

Sit up, salah satu bentuk kardio yang dapat dilakukan dengan metode HIIT. (womanblitz.com)

Nggak hanya membakar kalori, metode HIIT juga dipercaya dapat menekan nafsu makan. Sejumlah penelitian menyebutkan, olahraga dengan metode HIIT dapat menekan tingkat hormon lapar dan menghasilkan lebih banyak hormon kenyang seperti ditulis Medcom.id, Jumat (8/3/2019).

Olahraga yang bisa kamu lakukan dengan metode HIIT juga cenderung mudah dan murah kok. Salah satu contohnya yakni lari dan beberapa latihan kardio ringan lainnya.

Metode HIIT dapat lebih banyak membakar kalori dan meningkatkan kebugaran tubuh. (Hellosehat)

Selain punya beragam manfaat, metode HIIT ini cukup mudah dan singkat dilakukan. Kamu hanya butuh waktu sekitar 5 hingga 10 menit sehari. Cocoklah buat kamu yang nggak punya banyak waktu untuk olahraga.

Nah, tunggu apa lagi? Yuk, olahraga dan hidup sehat! (IB10/E04)