Mesut Özil Jadi Nama Jalan di Turki

Kritik bertubi-tubi kepada Mesut Özil setelah pensiun dari Timnas Jerman membuat pemerintah Turki memutuskan untuk memberikan dukungan kepadanya dengan cara mengabadikan nama Mezut Özil sebagai nama jalan.

Mesut Özil Jadi Nama Jalan di Turki
Jalan yang diberi nama Mesut Özil di Turki. (New Strait Times)

Inibaru.id – Langkah mundur Mesut Özil dari Timnas Jerman masih menjadi bahasan yang hangat di dunia sepakbola. Pengakuan Özil yang merasa mendapatkan perlakuan rasis dari media dan federasi sepakbola Jerman (DFB) memicu komentar dari banyak orang. Sebagian orang mendukung, tapi banyak pula yang mencibirnya karena menganggap alasan pengunduran diri Mezut Özil digunakan untuk menutupi performa buruknya di Piala Dunia 2018.

Melihat kritik yang bertubi-tubi datang kepada laki-laki berdarah Turki ini, pemerintah Turki pun memutuskan untuk menjadikan nama Özil sebagai salah satu jalan utama di negaranya. Hal itu merupakan salah satu cara pemerintah Turki untuk memberi dukungan kepada Özil.

Kini, jalan yang ada di distrik Devrek, Provinsi Zonguldak, Turki Utara telah dinamai dengan Mesut Özil street atau Jalan Mesut Özil. Pemilihan tempat ini sesuai dengan tempat keluarga Özil berasal, yakni di distrik yang dekat dengan Laut Hitam tersebut seperti yang ditulis Indosport.com, Rabu (25/7/2018).

Nggak hanya sebagai dukungan, pemberian nama jalan ini dijadikan pengakuan atas prestasi Özil sebagai salah satu pesepakbola papan atas yang berasal dari Distrik Devrek. Selain meraih Piala Dunia 2014 bersama timnas Jerman, Özil juga meraih berbagai gelar bergengsi saat membela Werder Bremen, Real Madrid, dan klubnya kini Arsenal.

Di jalan Mesut Özil ini, masyarakat juga bisa melihat papan reklame berukuran besar yang menunjukkan foto Mesut Özil besama dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan. Dalam foto itu, Özil terlihat sedang memberikan jersey Arsenal dengan namanya kepada sang presiden.

Sebelum ini, kritik yang luar biasa dari masyarakat Jerman kepada Özil berawal dari foto yang menunjukkan dirinya sedang bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Dia mengunggah foto tersebut di media sosialnya dengan menulis kepsyen "Presidenku". Warga Jerman sontak mempertanyakan loyalitas Özil.

Foto itu diketahui diambil sebelum ajang Piala Dunia 2018 berlangsung. Saat itu, Özil bersama dengan striker Everton Cenk Tosun dan gelandang Manchester City Ilkay Gündoğan menemui Erdogan yang sedang berada di London, Inggris. Sayang, hanya Özil yang mendapatkan kritik luar biasa dari publik Jerman akibat pertemuan ini. (IB09/E04)