10 Akronim Umum yang Belum Tentu Kamu Tahu Kepanjangannya

Kamu mungkin sering mendengar kata-kata berikut ini, tapi sudah tahu belum kalau kata-kata tersebut merupakan singkatan atau akronim? Apa saja?

10 Akronim Umum yang Belum Tentu Kamu Tahu Kepanjangannya
Akronim umum. (Pasberita)

Inibaru.id – Dalam kehidupan sehari-hari penggunaan singkatan atau akronim sering digunakan untuk mempermudah mengingat atau mengucapkan suatu istilah yang panjang. Tanpa sadar akronim tersebut menjadi akrab di telinga dan selalu digunakan di mana pun. Kendati demikian, banyak orang yang belum tahu kepanjangan akronim tersebut bahkan nggak tahu kalau kata tersebut adalah sebuah singkat.

Nah, berikut beberapa akronim yang umum digunakan dan kepanjangannya.  

PIN

PIN. (uangindonesia.com)

Setiap orang yang memiliki akun resmi seperti akun bank, pasti memiliki angka sandi rahasia untuk otentikasi pengguna ke sistem. Biasanya pengguna harus memberikan identifikasi pengguna atau bukti dan PIN rahasia untuk membuka sistem. Nah, PIN merupakan singkatan dari “Personal Identification Number”.

DAMRI

Damri. (koran-jakarta.com)

Pada tanggal 25 November 1946, Indonesia membentuk angkutan umum di atas jalan dengan kendaraan bermotor. Kendaraan yang berupa bus tersebut disebut sebagai DAMRI yang berasal dari singkatan “Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia”.

IRIAN

Irian. (WELT-ATLAS.DE)

Sudah tahu belum kalau Irian merupakan singkatan dari Ikut Republik Indonesia Anti Netherland? Eh tahu nggak pada masa kepemimpinan Presiden Abdurrahman Wahid tepatnya tanggal 1 Desember 1999, Presiden menyetujui tuntutan kaum separatis Papua untuk mengubah nama “Irian” menjadi “Papua”. Orang-orang kala itu menuntut karena Irian berkonotasi sangat Indonesia. Padahal kata "Irian" juga merupakan salah satu bahasa suku Papua. Padahal dahulu kata ini diusulkan oleh pejuang Papua, Frans Kaisiepo. Irian berarti sinar yang menghalau kabut.

VIP 

VIP. (www.kingdomkia.com)

Dalam suatu acara, tamu istimewa biasanya mendapat pelayanan VIP yang merupakan singkatan dari “Very Important Person” yang berarti orang yang sangat penting. Di atas VIP ada VVIP. Kepanjangannya Very Very Important Person.

ROBOT

Robot. (Paige Leskin)

Ternyata, kata robot juga berasal dari singkatan “Residents Official Board of Technology” yang artinya sebuah teknologi mesin bergerak yang diperintah. Hmm

LASER

Laser. (wired.com)

Laser adalah suatu alat yang memancarkan radiasi elektromagnetik yang nggak dapat dilihat dengan mata normal. Kata laser ternyata merupakan kependekan dari Light Amplifiation by Stimulated Emmission Radiation. Baru tahu kan?

HVS

Kertas HVS. (pixabay.com)

Selama ini, kata HVS akrab di telinga. Namun, tahukah kamu apa kepanjangannya? Nah, HVS merupakan sebuah singkatan dari bahasa Belanda yaitu “Hout Vrij Schrift”, yakni sejenis kertas untuk buku tulis.

SINETRON

Sinetron. (kumparan.com)

Drama di televisi biasanya disebut sinetron. Nah, kata sinetron juga merupakan sebuah singkatan dari “Sinema Elektronik”.

TILANG

Surat tilang. (nu.or.id)

Kendati sering disebutkan, kata tilang ternyata merupakan sebuah singkatan dari kalimat “Bukti Pelanggaran”. Makanya, sering dikatakan ketika orang melakukan kesalahan lalu lintas akan terkena tilang (bukti pelanggaran).

KIJANG

Kijang Toyota. (efendi87.wordpress.com)

Kijang merupakan salah satu varian mobil keluaran Toyota yang namanya diusulkan oleh wakil presiden Jusuf Kalla pada tahun 70-an lalu. Nah, kata Kijang merupakan akronim dari “Kerjasama Indonesia Jepang”.

Nah, itulah beberapa singkatan dan kepanjangannya. Mana nih yang baru kamu tahu? (IB07/E05)