Meski Tampak Cocok, Nggak Banget Kalau Susu Dipadukan dengan 3 Makanan Ini!

Meski Tampak Cocok, Nggak Banget Kalau Susu Dipadukan dengan 3 Makanan Ini!
Ilustrasi: Susu bisa dicampur dengan pelbagai jenis makanan. Namun, apakah sesuai? (Pixabay/Bogdan Sanfira)

Untuk memberikan rasa gurih, susu kerap dipadukan dengan bahan makanan lain. Namun, nggak semua yang tampak cocok harus bersatu. Ada beberapa jenis makanan memang sebaiknya nggak 'jalan' bareng susu, lo! Ha-ha. Apa saja?

Inibaru.id - Selain sekadar diminum, susu sering menjadi bagian dari olahan makanan. Susu memang memberi cita rasa gurih serta membuat tekstur makanan lebih berlemak. Maka, nggak jarang minuman yang umumnya diambil dari sapi atau kambing itu diminati orang. 

Namun, rupanya nggak semua bahan makanan bisa dipadukan dengan susu. Yap, kendati tampak cocok atau serasi, nggak semua hal boleh disatukan, termasuk susu. Demi alasan kesehatan dan keamanan untuk tubuh, susu nggak boleh dikombinasikan dengan bahan-bahan makanan ini.

Susu dengan Buah-Buahan Tertentu

Sejumlah buah nggak baik dinikmati bersama susu. (Pixabay/Tookapic)
Sejumlah buah nggak baik dinikmati bersama susu. (Pixabay/Tookapic)

Sorry banget nih buat kamu pencinta yoghurt atau sup buah, karena ternyata ada beberapa buah yang pantang banget dicampur dengan susu, di antaranya pisang, stroberi, jeruk nipis, dan jeruk. Hayo, siapa yang biasa memadukan buah-buahan ini dengan susu?

Buah-buahan ini menghasilkan panas saat dicerna, sedangkan susu memberikan efek dingin kepada tubuh. Nah, jika kedua jenis bahan makanan itu dicampur, keduanya akan menghasilkan asam yang bakal menghentikan proses pencernaan dalam tubuh.

Selain jadi racun di lambung, kamu juga berpotensi terkena alergi, flu, dan batuk, lo! Duh, bahaya banget ya!

Susu dengan Ikan

Ikan nggak cocok dipadukan dengan susu. (Pixabay/Free-photos)
Ikan nggak cocok dipadukan dengan susu. (Pixabay/Free-photos)

Susu dengan ikan memang bukan perpaduan yang cukup familiar di Indonesia, berbeda dengan buah. Namun, bukan berarti nggak ada orang yang mengolah ikan dengan susu, misalnya pada olahan buttermilk poached fish.

Kalau kamu termasuk yang melakukannya, hentikanlah! Mengonsumsi susu dan ikan secara bersamaan konon bisa menimbulkan masalah di peredaran darah, merusak kesehatan jantung, peradangan, dan alergi.

Susu dengan Daging

Memakan daging yang dicampur susu nggak disarankan, lo. (Pixabay/Moira Nazzari) 
Memakan daging yang dicampur susu nggak disarankan, lo. (Pixabay/Moira Nazzari) 

Perlu kamu tahu, susu adalah salah satu jenis makanan yang kompleks dengan nutrisi yang tinggi. Ini membuatnya sangat sulit dipecah, sehingga butuh waktu untuk bisa dicerna tubuh. Sementara, daging yang berprotein tinggi juga setali tiga uang.

Bayangkan kalau kedua bahan itu disatukan! Tentu saja ini membuat sistem pencernaan kita sangat terbebani. Efeknya, kamu akan merasa kekenyangan, kembung, dan bisa jadi mual. Duh, duh!

Dalam takaran yang sewajarnya dan nggak terlalu sering, memadukan bahan-bahan itu dengan susu mungkin nggak bakal berbahaya. Yeah, segala sesuatu yang berlebihan kan memang selalu nggak baik. Betul? (MG32/E03)