Meski Takut Corona, Belanja Nggak Harus Pakai Sarung Tangan!

Meski Takut Corona, Belanja Nggak Harus Pakai Sarung Tangan!
Ilustrasi belanja menggunakan sarung tangan. (Shutterstock)

Banyak orang yang memilih untuk berbelanja di mal, supermarket, atau pasar dengan memakai sarung tangan. Tujuannya demi mencegah paparan Covid-19. Hanya, pakar kesehatan justru nggak menyarankan penggunaannya. Kok bisa?

Inibaru.id - Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, penggunaan masker dan hand sanitizer di tempat umum sangat dianjurkan oleh pemerintah untuk menjaga kebersihan diri sekaligus mencegah penularan virus.

Beberapa orang juga menggunakan sarung tangan saat bepergian untuk melindungi diri dari virus corona. Meski terlihat sebagai tindakan yang tepat, pakar kesehatan justru menganggap hal ini nggak perlu dilakukan, lo.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) nggak menganjurkan seseorang menggunakan sarung tangan saat belanja. Hal tersebut dikarenakan sarung tangan bukan solusi yang tepat untuk mengurangi risiko infeksi.

Terkecuali pada situasi tertentu ya Millens, seperti sebelum menyentuh gagang selang bensin atau mengurus cucian pakaian kotor dari seseorang yang memiliki virus. Di saat ini, penggunaan sarung tangan dianggap tepat.

Pada situasi seperti berbelanja, sarung tangan hanya efektif jika dilepas secara tepat dan diikuti dengan praktik cuci tangan pakai sabun. Namun, kalau untuk belanja ke supermarket, sarung tangan sebenarnya nggak memberikan perlindungan secara maksimal.

Saat kita mengenakan sarung tangan dan menyentuh permukaan yang terkontaminasi, virus akan berpindah ke sarung tangan yang menempel pada bagian jari-jari kita.

Belum lagi kalau kamu nggak melepaskannya secara hati-hati, kuman pada sarung tangan dapat berpindah lagi ke tangan kita atau bagian lain dari tubuh.

Belanja dengan sarung tangan justru nggak efektif mencegah Covid-19 (Klikdokter/Shutterstock)
Belanja dengan sarung tangan justru nggak efektif mencegah Covid-19 (Klikdokter/Shutterstock)

Kalau kamu memakai sarung tangan setelah berbelanja, buanglah sarung tangan dengan cara melepasnya dengan benar. Setelah itu, cuci tanganmu dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik, Millens

Alih-alih memakai sarung tangan, Anda justru lebih disarankan untuk memperhatikan berbagai hal ini saat berbelanja.

- Selalu mempraktikkan pembatasan jarak, baik itu saat mengambil barang atau saat akan membayar.

- Siapkan daftar belanja agar mempersingkat waktu berada di luar rumah.

- Membersihkan tangan dengan pembersih (hand sanitizer) dan usap pegangan keranjang belanja dengan disinfektan saat belanja.

- Hindari menyentuh produk yang nggak akan kamu beli.

Saat sampai di rumah, langsung ganti bajumu kemudian mandi ya, Millens. Jangan lupa juga untuk membersihkan ponsel yang sebelumnya kamu pakai. Semoga sehat selalu. (Tem/B24/E07)