Meski Serupa, Nama Hantu Kuyang di Berbagai Wilayah Nggak Sama

Meski Serupa, Nama Hantu Kuyang di Berbagai Wilayah Nggak Sama
Nama-nama kuyang di berbagai tempat. (Img-srv0)

Nggak hanya di Kalimantan, mitos hantu dengan kepala dan organ tubuh melayang ada di sejumlah tempat. Namun, setiap tempat punya penamaan yang berbeda-beda untuk hantu tersebut.

Inibaru.id – Topik Kuyang muncul dalam daftar trending topic Twitter Indonesia pada Jumat (11/10/2019) setelah video yang menunjukkan penangkapan kuyang viral. Video yang diambil dari rekaman CCTV di Samarinda tersebut sudah ditonton hampir 900 ribu kali pada Rabu (16/10).

Kuyang merupakan hantu berwujud kepala dengan organ-organ dalam tubuh yang menggantung. Mitos hantu ini sangat populer di Kalimantan. Meski populer di Kalimantan, hantu dengan sosok serupa juga ada dalam mitos masyarakat dari wilayah lain. Namun, penyebutan nama di setiap daerah berbeda. Berikut sebutan kuyang di berbagai tempat.

Sulawesi

Masyarakat di Sulawesi memberi nama sosok kuyang dengan sebutan hantu Pok-Pok. Konon, dinamakan pok-pok karena suara hantu tersebut seperti orang yang sedang berciuman.

Sumatera

Memiliki wujud yang hampir sama dengan Kuyang, kabarnya Palasik memiliki kemampuan yang lebih menakutkan dari Kuyang. Palasik diyakini dapat memangsa korbannya hanya dengan tatapan mata. Wah, seram sekali ya, Millens!

Bali

Mungkin kamu sudah nggak asing dengan nama satu ini yaitu Leak. Leak dikenal sebagai sosok penyihir yang mendalami ilmu hitam. Meski hampir sama dengan kuyang, wujud leak digambarkan lebih seram. Nggak hanya berwujud kepala yang terbang bersama organ tubuh, leak juga memiliki tangan, mata bulat melotot, dan juga taring yang panjang.

Thailand

Nggak hanya di Indonesia, di Thailand juga ada sosok hantu yang mirip dengan kuyang. Di Thailand, hantu perempuan cantik yang terbang hanya dengan kepala dan organ tubuhnya dinamakan Nang Naka atau Kra Sui. Berdasarkan mitos, makhluk ini lebih suka memangsa mayat atau kotoran manusia ketimbang darah perempuan hamil seperti ditulis laman Geeq (27/9/2018).

Malaysia

Malaysia juga punya mitos hantu bernama Penanggalan. Makhluk satu ini diyakini sangat mirip dengan hantu kuyang yang ada di Indonesia, terbang dengan kepalanya.

Filipina

Agak berbeda dengan hantu yang ada di Malaysia maupun Indonesia, hantu yang gentayangan di Filipina ini bernama Mananggal atau Wak-Wak. Mananggal merupakan sosok hantu yang terbang lengkap dengan badannya, tapi tanpa kaki.

Meskipun hantunya serupa, penyebutannya di setiap daerah berbeda-beda ya, Millens. Menurut kamu mana nih sosok hantu yang paling seram? (IB24/E04)