Meski Sedang Erupsi, Gunung Bromo Masih Aman Dikunjungi

Gunung Bromo kembali erupsi fluktuatif. Kendati begitu, semburannya hanya berupa pasir dan abu vulkanik sehingga dianggap masih aman untuk aktivitas wisata.

Meski Sedang Erupsi, Gunung Bromo Masih Aman Dikunjungi
Wisatawan mengunjungi Gunung Bromo yang sedang erupsi. (Antara Foto/Zabur Karuru)

Inibaru.id – Gunung Bromo sedang mengalami erupsi fluktuatif. Aktivitas gunung yang berada di Provinsi Jawa Timur ini terpantau meningkat sejak Minggu (17/3/2019) lalu. Kendati begitu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut Gunung Bromo masih aman untuk wisatawan.

Kompas.com, Selasa (19/3/2019) menulis, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebut aktivitas wisata di Gunung Bromo tetap berjalan dengan normal meskipun gunung ini sedang erupsi dan mengeluarkan hujan abu.

“Hampir setiap hari erupsi Gunung Bromo terjadi secara fluktuatif. Hanya saja, aktivitas vulkaniknya belum membahayakan karena semburannya hanya pasir dan abu vulkanik, bukannya kerikil atau lava pijar,” ungkap Sutopo.

Pada Selasa (19/3) lalu, tercatat lima kali Gunung Bromo mengalami erupsi di antara pukul 06.00 WIB hingga 12.00 WIB. Hal ini mengakibatkan asap kawah dengan tekanan sedang dan kuat berwarna putih, abu-abu, dan hitam keluar dengan ketinggian sekitar 900 hingga 1.500 meter.

Sementara itu, pada Senin (20/3) Gunung Bromo mengalami 28 kali letusan.

“Status Gunung Bromo saat ini masih waspada (Level II) meski mengalami erupsi hampir setiap hari. Aktivitas wisata di Gunung Bromo masih berjalan dengan normal. Sebaran abu vulkanik juga masih tidak mengganggu penerbangan di Bandara Abdul Rachman Saleh di Malang,” jelas Sutopo.

So, nggak perlu khawatir jika mau berwisata ke Gunung Bromo, ya, Millens. Bisa jadi kamu malah bisa menikmati pengalaman unik dengan melihat erupsi Gunung Bromo yang indah. Namun, jangan lupa patuhi saran petugas yang ada di sana agar tetap bisa berwisata dengan aman, ya. (IB09/E04)