Meski Keren, Memakai Sepatu Hak Tinggi Berbahaya bagi Kesehatan

Meski Keren, Memakai Sepatu Hak Tinggi Berbahaya bagi Kesehatan
Sepatu hak tingi berbahaya bagi kesehatan. (Glitzmedia)

Sepatu hak tinggi (high heels) memang bisa membuat penampilan lebih modis. Namun, terlalu sering memakainya bisa memicu masalah kesehatan, lo.

Inibaru.id – Bagi sebagian kaum hawa, sepatu hak tinggi atau high heels dianggap sebagai benda yang bisa membuat mereka terlihat lebih modis. Kendati yang belum terbiasa bakal susah pakainya, sepatu hak tinggi bisa menambah rasa percaya diri. Namun, pemakaian sepatu ini bisa memicu beberapa risiko kesehatan.

Laman Bisnis (4/12/2018) menulis, sepatu hak tinggi bisa memicu ketegangan pada otot kaki. Bahkan, dalam banyak kasus, penggunaan sepatu hak tinggi bisa menyebabkan cedera. Selain itu, jika kamu memakainya setiap hari, risiko untuk terkena masalah nyeri punggung bawah, nyeri pada persendian lutut, hingga osteoarthritis akan meningkat dengan signifikan.

Penggunaan sepatu hak tinggi juga bisa mempengaruhi postur tubuh dengan signifikan. Hal ini disebabkan posisi tumit yang sangat nggak wajar dan pembagian beban tubuh yang nggak seimbang. Kondisi itu juga akan mempengaruhi kondisi pinggul, bahu, serta punggung. Hal inilah yang bisa menyebabkan munculnya nyeri punggung.

Kaki bagian depan yang mendapatkan beban tubuh lebih banyak akan mengalami tekanan berlebihan yang akhirnya rentan terkena memar, pembengkakan, hingga nyeri otot. Tekanan yang tinggi pada bagian depan kaki juga akan membuat tubuh mengalami perubahan postur demi menjaga keseimbangan. Hal ini akan membebani lutut dan akhirnya meningkatkan risiko osteoarthritis dan penyakit degeneratif persendian.

Kebiasaan memakai sepatu hak tinggi juga akan membuat otot-otot betis mengalami pemendekan dan pengencangan secara permanen. Tendon Achilles juga akan semakin memendek sehingga lebih rentan mengalami peradangan yang disebut sebagai tendinitis.

Melihat fakta ini, sebaiknya memang kamu perlu sering memakai sepatu hak tinggi, Millens. Nggak masalah kok kalau memakainya sesekali seperti saat ada acara-acara penting atau bertemu dengan klien. Namun, pastikan dulu sepatu yang kamu kenakan aman dan nyaman untuk dipakai sehari-hari, ya. (IB09/E04)