5 Bahaya Mengemudi Sambil Merokok

5 Bahaya Mengemudi Sambil Merokok
Mengemudi sambil merokok kini dapat dikenakan tilang. (Suara)

Larangan berkendara sambil merokok sudah mulai diberlakukan. Para pengemudi yang merokok dianggap dapat mengganggu keselamatan diri maupun orang lain. Selain itu, beberapa hal juga bisa terjadi jika merokok sambil berkendara.

Inibaru.id – Larangan merokok sambil mengemudi sudah mulai diberlakukan. Aturan itu merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor. Sebanyak 652 pemotor pun ditilang di hari pertama pemberlakukan aturan.

Ini membuktikan begitu banyak pengemudi yang merokok di jalan. Perbuatan itu nggak hanya membahayakan pengemudi tapi juga menganggu pengguna jalan lainnya. Selain itu, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi saat kamu merokok sambil mengemudi.

Berikut kemungkinan dampak yang diakibatkan pengemudi yang merokok.

Mengganggu Konsentrasi

Ilustrasi berkendara sambil merokok. (MI/Mohamad Irfan)

"(Merokok sambil berkendara) Itu masuk dalam aktivitas mengganggu konsentrasi dan berpotensi membahayakan,” kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir seperti ditulis Detik.com Selasa (2/4/2019).

Yap, saat berkendara seharusnya pengemudi fokus pada situasi jalan dan kendaraannya. Kalau dibarengi dengan merokok, konsentrasi tentu bakal terganggu.

Membuang Puntung Rokok Sembarangan

Puntung rokok yang dibuang sembarang akan mencemari lingkungan. (Feedme)

Sehabis merokok pasti puntung rokok akan dibuang. Nah, kalau perokok sedang berkendara, puntung itu sangat mungkin dibuang sembarangan di jalanan.

Percikan Api Rokok Bisa Berbahaya

Rokok menghasilkan percikan api yang bisa membahayakan. (Shutterstock)

Selain asap rokok, percikan api dari rokok juga bisa membahayakan pengendara yang merokok maupun pengendara lain. Percikan api yang mengenai mesin kendaraan tentu akan berbahaya karena bisa mengakibatkan kebakaran.

Nggak hanya itu, percikan api yang terbawa angin juga bisa mengenai mata pengendara yang merokok maupun pengendara lainnya. Hal ini otomatis mengganggu perjalanan.

Asap Rokok Mengganggu Pengendara Lain

Asap rokok seorang pengendara. (Tribunnews.com)

Asap dari rokok yang diiisap sambil berkendara tentu akan dihirup juga pengendara lain yang ada di sekitar pemotor tersebut. Padahal, asap rokok mengandung banyak senyawa kimia berbahaya seperti nikotin dan karbon monoksida, lo. Wah, itu sih namanya pencemaran udara, Millens. Selain itu, asap rokok juga bisa memicu infeksi paru-paru.

Rokok Cepat Habis

Ilustrasi rokok. (Insidermonkey)

Rokok yang diisap sembari berkendara tentu akan terkena angin. Semakin sering terkena angin, rokok akan lebih cepat habis.

Merokok memang hak setiap orang. Namun, akan lebih baik jika merokok dilakukan di ruangan terbuka atau ruangan khusus merokok. Yuk, hargai orang lain yang nggak merokok. (IB10/E04)