Menengok Perayaan Hari Kartini di Roma

Nggak hanya di Indonesia, Hari Kartini kali ini juga dirayakan di Italia. Seperti apa keseruannya ya? Setelah video narasi tentang Kartini dalam Bahasa Italia diputar, banyak pengunjung yang kagum dengan perjuangan Kartini sehingga menjadi inspirasi wanita di Indonesia.

Menengok Perayaan Hari Kartini di Roma
Seorang gadis dari Italia sedang mencoba pakaian adat Indonesia saat mengunjungi Festival Kampung Jajan Campania (Kompas.com/KBRI Roma)

Inibaru.id – Perayaan Hari Kartini ternyata tidak hanya dilakukan di Indonesia lo, Millens. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Roma, Italia, juga merayakan hari lahir Kartini. Lewat acara yang bertajuk "Kampung Jajan Campania" ini KBRI Roma, Italia mengajak warga setempat untuk memperingati Hari Kartini.

Kompas.com, Sabtu (21/4/2018) menulis, sekitar 300 orang memadati halaman kantor KBRI Roma untuk menghadiri festival kuliner tersebut. Sjeumlah makanan Indonesia dihidangkan pada acara tersebut. Makanan itu di antaranya nasi goreng, sate ayam, bakwan Malang, lontong kari, hingga Coto Makassar. Jajanan tradisional seperti onde-onde, lapis legit, hingga es mambo juga nggak lupa disajikan pada acara itu, lo.

Baca juga:
“Perempuan Jangan Takut Bicara Kekerasan!”
Polisi Tetapkan Seorang Guru di Purwokerto sebagai Tersangka Kasus Kekerasan

Duta Besar Indonesia untuk Roma Esti Andayani membuka acara "Kampung Jajan Campania". (Dok. KBRI Roma)

Festival itu melibatkan para pelajar, anggota asosiasi wanita di Roma, serta korps diplomatik asing. Para pengunjung terlihat sangat antusias untuk mencicipi berbagai sajian khas Nusantara yang memiliki cita rasa berbeda jika dibandingkan dengan hidangan dari Eropa.

Salah satu pengunjung mengaku senang dengan hidangan itu.

“Acara ini luar biasa, saya sangat menikmati hidangannya. Aku bisa merasakan sebagian kecil Indonesia di tengah kota Roma, menakjubkan!” ucap Gladys Morales, warga Roma yang pernah tinggal di Jakarta beberapa tahun silam.

Hal serupa juga diungkapkan Staf Kementerian Pertahanan Italia Ivano Romano. Lelaki yang baru kali pertama mencicipi kuliner Indonesia ini mengaku langsung jatuh cinta dengan bakwan Malang dan kue lapis legit.

Suasana "Kampung Jajan Campania". (Dok. KBRI Roma)

Selain warga Italia, banyak juga warga Indonesia yang datang ke festival tersebut. Warga Indonesia yang datang itu berasal dari Roma, Turin, dan Napoli. Bagi mereka, festival ini bisa menjadi ajang pelampiasan rindu pada makanan Tanah Air sekaligus bersilaturahmi dengan warga Indonesia lain yang ada di Italia.

Baca juga: 
Elia Massa Manik Dicopot dari Direktur Utama Pertamina
Lebih dari 1500 Karyawan Qualcomm Bakal "Dirumahkan"

Pada pertengahan festival, panitia juga memutarkan video narasi tentang Kartini dalam Bahasa Italia. Setelah menonton video tersebut, banyak warga asing yang mengaku kagum dengan tokoh Kartini yang menjadi inspirasi wanita di Indonesia.

Di media sosial, tagar #Indonesia_Paradise dan #WonderfulIndonesia langsung diramaikan para pengunjung festival yang mendokumentasikan acara tersebut. Nggak hanya mengunggah foto hidangan khas Tanah Air, mereka juga mengunggah foto dengan mengenakan pakaian tradisional Indonesia.

Wah, keren nih. Semoga acara itu juga bisa dijadikan ajang mempererat hubungan anata kedua negara ya. (IB09/E04)