Merasa Letih Sehabis Bangun? Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur

Merasa Letih Sehabis Bangun? Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur
Pola tidur mempengaruhi kesehatan tubuh. (Thesun.co.uk)

Sering merasa lelah? Pasti tidurmu kurang berkualitas. Yuk ubah pola tidur biar bugar pas bangun.

Inibaru.id - Tidur adalah hal pokok yang harus dilakukan oleh semua orang. Tapi nggak semua orang bisa tidur dengan nyenyak, bahkan beberapa di antaranya justru merasa letih setelah bangun tidur. Hal ini bukan karena lamanya waktu tidur tapi bagaimana kualitas tidur yang dicapai.

Bisa jadi kebiasaan sebelum tidur berpengaruh. Jika sudah begitu, ada baiknya kamu mengubah kebiasaan mengatur pola tidur. Seperti apa kebiasaan yang sebaiknya dimulai agar tidur lebih berkualitas?

1. Atur Jam Tidur

Normalnya waktu tidur adalah 8 jam. Jika esok kamu harus bekerja pukul 7 pagi maka kamu bisa bangun jam 5, itu berarti kamu bisa mulai tidur pukul 9 atau jam 10 malam. Mau nggak mau jika ingin mendapatkan kualitas tidur yang baik kamu harus memejamkan mata pada jam yang sudah ditentukan.

2. Kurangi Penggunaan Hp Sebelum Tidur

Selain pikiran pekerjaan, hal yang dapat menyulitkan tidur adalah bermain gawai sebelum tidur. Mungkin kamu beranggapan dengan bermain gawai nantinya akan lelah sendiri dan tertidur. Tapi semakin malam justru kamu semakin ketagihan dan kehilangan waktu untuk tidur.

3. Menikmati Segelas Minuman Hangat

Penelitian mengatakan meminum segelas minuman hangat di malam hari akan membantu untuk segera terlelap dalam tidur. Selain membuat tubuh terasa hangat juga membuat tubuh nyaman dan ingin segera lelap dalam tidur. Tapi nggak disarankan untuk meminum kopi sebelum tidur ya.

4. Olahraga Kecil atau Membaca

Karena aktivitas di malam hari nggak dilarang, kamu bisa kok olahraga kecil seperti yoga atau joging di malam hari. Olahraga di malam hari membuat kamu mudah mengantuk dan tertidur pulas.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan kebiasaan baru sebelum tidur, seperti membaca. Tapi usahakan membaca buku fisik saja untuk membantumu mengurangi penggunaan gawai sebelum tidur.

5. Tegas pada Diri Sendiri

Jika bukan dari diri kamu sendiri lalu dari mana lagi kamu bisa memulai. Untuk itu kesadaran diri sangat dibutuhkan agar kualitas tidurmu yang buruk dapat diperbaiki. Yuk mulai dari diri sendiri!

Mengatur waktu tidur yang berkualitas memang nggak mudah tapi kamu perlu fokus melakukannya untuk diri kamu sendiri. Selain membuat hidup lebih teratur, mengatur jam tidur juga dapat meningkatkan kesehatan kamu lo. Yuk mulai dari sekarang! (IB30/E05)