Merapi Kembali Keluarkan Lava Pijar Hingga Tiga Kali

Merapi Kembali Keluarkan Lava Pijar Hingga Tiga Kali
Gunung Merapi. (Antara foto/Hendra Nurdiyansyah)

Gunung Merapi kembali mengeluarkan lava pijar. Pada Senin (18/3/2019), Merapi sudah memuntahkan lava pijar tiga kali.

Inibaru.id –  Gunung Merapi kembali mengeluarkan lava pijar. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mencatat gunung yang berada di perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah itu mengeluarkan guguran lava pijar sebanyak tiga kali pada Senin (18/3/2019).

Muntahan lava pijar ini mengarah ke hulu Kali Gendol. Jarak luncurnya sejauh 900 meter. Pergerakan ini teramati dari CCTV milik BPPTKG.

Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida mengatakan guguran lava pijar terjadi mulai pukul 00.00 WIB-06.00 WIB. Selain lava pijar, Merapi juga mengalami gempa guguran sebanyak 26 gempa seperti ditulis Kompas.com, Senin (18/3). Kendati begitu, status Gunung Merapi masih sama sejak 21 Mei 208 lalu yakni waspada (level 2).

Dengan kondisi tersebut, BPPTKG nggak merekomendasikan kegiatan pendakian kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian yang berkaitan dengan upaya mitigasi bencana. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk nggak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Merapi dan tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah.

Untuk sementara, informasi seputar aktivitas Merapi dapat ditanyakan langsung ke pos pengamatan, media sosial BPPTKG, atau kantor BPPTKG. Semoga semuanya selalu terlindungi ya, Millens. (IB07/E04)