Menyoal Diet yang Pernah Ngetren di Masyarakat

Kelebihan berat badan nyatanya menjadi masalah serius bagi sebagian orang, terutama kaum hawa. Mereka kemudian melakukan diet dengan beragam cara. Hm, apa saja ya macam-macam diet?

Menyoal Diet yang Pernah Ngetren di Masyarakat
Infografik tentang diet. (Inibaru.id/Nafis Ghifary)

Inibaru.id – Memiliki berat badan berlebih terkadang membuat sebagian orang merasa minder. Beragam cara dilakukan untuk mendapat berat badan yang dianggap ideal di antaranya olahraga, diet, bahkan sedot lemak. Namun, cara yang paling banyak ditempuh yakni diet.

Ada beberapa jenis diet yang populer di kalangan masyarakat. Setiap jenis diet memiliki aturan dan polanya masing-masing. Sejumlah diet yang pernah ngetren di masyarakat di antaranya DASH, diet bola kapas, diet gluten free, diet mayo, food combining, diet militer, diet weight watchers, diet cinderella, dan yang terbaru ada diet ular.

 

Infografik diet yang pernah ngetren di masanya. (Inibaru.id/Nafis Ghifary)

Diet, diet itu ada yang dikategorikan normal tapi ada juga yang ekstrem. Cinderella Challenge Diet, salah satu contoh diet ekstrem yang sempat tenar di awal tahun 2018. Diet ini dianggap berbahaya bagi kesehatan karena menuntut pelakunya untuk memilki berat badan yang ekstrem. Perhitungan berat badan yang berlaku pada diet cinderella yakni tinggi badan dalam ukuran meter dikali dengan angka 18. Sebut saja si A tingginya 1,6 m, berat itu lantas dikali dengan 1,6 dan 18 (1,6 x 1,6 x 18), hasilnya didapatkan 48 kg. Wah, kecil banget ya, Millens.

 Selain diet yang ekstrem, ada juga lo diet yang dianggap terbaik sepanjang masa. Diet itu adalah DASH (Dietary Approach to Stop Hypertension). Icahn School of Medicine at Mount Sinai, New York, Amerika Serikat menilai DASH sebagai diet terbaik sepanjang masyarakat karena terbukti efektif.

Hasil penelitian menunjukkan, orang yang menjalankan diet DASH bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Nah, makanya sampai sekarang diet ini masih digandrungi banyak orang khususnya yang memiliki masalah dengan tekanan darah dan kolesterol.

Hm, banyak juga ya jenis-jenis diet. Kalau kamu pilih diet yang mana nih, Millens? (IB18/E04)